BNPB Tawarkan Program Air Bersih dan Sehat di Kepulauan Meranti

BNPB Tawarkan Program Air Bersih dan Sehat di Kepulauan Meranti
Foto bersama
MERANTI - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI menggelar pertemuan dengan Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil terkait mitigasi bencana dengan penyediaan air bersih dan sehat untuk masyarakat, bertempat di Rumah Dinas Bupati diSelatpanjang, Kamis (26/8) kemarin.
 
Kegiatan ini akan memanfaatkan curah air hujan yang difilterisasi sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.
 
Seperti dijelaskan Analis Kebijakan Ahli Muda BNPB RI Amin, kegiatan ini untuk menjawab isu bencana lingkungan yang terjadi di Indonesia khususnya musim kemarau yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Jadi jika sebelumnya dalam menghadapi bencana BNPB melaksanakan upaya responsif, kini beralih kepada upaya pencegahan seperti yang akan kita jalankan saat ini," sebut Amin.
 
Dijelaskan Amin, metode pemanfaatan air hujan yang akan diterapkan oleh BNPB untuk mengatasi kebutuhan air bersih di musim kemarau, sangat mirip dengan yang dilakukan oleh masyarakat selama ini pada umumnya.
 
Seperti menampung air hujan yang mengalir dari atas atap rumah dengan menggunakan talang yang disimpan dalam sebuah bak. Namun yang membedakan dari cara ini hanya sistem filterisasinya saja. Pihak BNPB mengklaim dengan alat penyaringan, air hujan lebih aman dikonsumsi masyarakat karena lebih sehat.
 
"Dari hasil penelitian kita sebanyak 20 hingga 30 persen air hujan yang turun dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan air bersih saat kemarau," jelas Amin.
 
Untuk biaya pembangunan fasilitas, menurut pihak BNPB tidak terlalu mahal yakni berkisar lebih kurang seharga Rp8 juta per unitnya.
 
Saat ditanya berapa banyak fasilitas penampungan air bersih yang dapat dibantu oleh BNPB, Amin tidak bisa memastikan karena dalam hal ini pihaknya lebih menekankan pada mitigasi.
 
"Artinya kita akan mensinergikan semua pihak terkait, baik itu Pemerintah Daerah, pihak perusahaan dan BNPB serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama mendukung suksesnya program ini," ungkapnya.
 
Program ini diakui Amin merupakan yang pertama dilaksanakan di Provinsi Riau, jika sukses maka Kepulauan Meranti akan dijadikan sebagai daerah percontohan bagi daerah lainnya yang memiliki masalah air bersih.
 
"Nanti tenaga ahli yang telah kita latih akan menyebarkan pengetahuan kepada daerah lainnya di Riau," jelas Amin.
 
Menyikapi hal itu, Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil mengaku sangat mendukung rencana tersebut dan berterima kasih kepada pihak BNPB yang peduli terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat Meranti dalam memenuhi kebutuhan air bersih.
 
Ia berharap, kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Direktorat Mitigasi Bencana Deputi Bidang Pencegahan BNPB RI, tidak hanya sekedar ide atau retorika semata, tapi benar-benar menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat Meranti. (rls)

Berita Lainnya

Index