Bahas Cagar Budaya Bagan Heritage, Gubri Rapat Bersama Tim Ahli Cagar Budaya

Dibaca: 178 kali  Sabtu,18 September 2021 | 02:30:00 WIB

Bahas Cagar Budaya Bagan Heritage, Gubri Rapat Bersama Tim Ahli Cagar Budaya
Ket Foto : Gubernur Riau, Syamsuar

PEKANBARU - Dalam rangka membahas cagar Bagan Heritage tepatnya di Kota Bagan Siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menggelar rapat bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Nasional, di Rumah Dinas Gubri, Sabtu (18/9/2021).
 
"Pertemuan ini tentunya dalam rangka untuk mempersiapkan sedikit hal-hal yang berkenaan atau informasi mengenai apa saja yang ada di Rokan Hilir, khususnya Kota Bagan Siapi-api," kata Gubri.
 
Gubri menuturkan bahwa Kota Bagan Siapi-api yang merupakan tempat kelahirannya ini, masih memiliki potensi budaya yang sangat besar dan juga masih terdapat peninggalan-peninggalan sejarah dan cagar budaya yang belum dimanfaatkan secara maksimal dalam pengembangan pariwisatanya.
 
"Saat ini kita mengandalkan bakar tongkang dan itu dilaksanakan hanya satu kali dalam setahun, makanya saya sampaikan kepada Pak Bupati Rohil sangat sayang kalau kita hanya mengandalkan bakar tongkang. Karena banyak potensi di Rohil yang bisa dikembangkan," ujarnya.
 
Kemudian pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Kepala Daerah Kabupaten dan Kota se Riau untuk melakukan inovasi dan berkreativitas hal ini bertujuan agar bisa menimbulkan income didaerahnya.
 
"Saya sampaikan kepada para bupati bisa untuk berinovasi bisa menimbulkan income untuk rakyatnya terutama untuk mengembangkan usaha-usaha kreatif," lanjutnya.
 
Kota Bagan Siapi-api ini juga pernah terkenal dengan kota ikan, yaitu kota penghasil Ikan terbesar kedua di dunia 1928, namun saat ini telah menurun. Untuk itu, Gubernur Syamsuar ini mengatakan bahwa pihaknya telah bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan di daerah Bagan Siapi-api ini untuk menjadi perhatian.
 
"Insyaallah akan dibangun kembali pelabuhan ikan di Bagan," sebutnya.
 
Syamsuar menyampaikan rapat ini mempersiapkan Bagan Siapi-api sebagai kota cagar budaya. Ia juga berharap melalui rapat ini bisa berdiskusi kepala daerah untuk membentuk tim cagar budaya sehingga nantinya mudah untuk mengembangkan cagar budaya di daerah masing-masing.
 
"Ini merupakan upaya kita mendorong kota di Riau agar bisa menarik minat orang datang ke Riau bukan hanya karena event tertentu. Namun, karena daerah yang bisa dikunjungi setiap hari nya karena ada yang mau dilihat," tuturnya Gubri.
 
Turut hadir dalam rapat tersebut, TACB Nasional Arya Arbita, Tenaga Ahli Pelestari Cagar Budaya Nasional Nadya dan Maria, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau Ichwanul Ihsan, TACB Riau Prof Suwardi beserta rombongan, Asisten I Setdakab Rohil Fery H Parya, komunitas Bagan Siapi-api Tempo Doeloe serta Kepala OPD yang terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau. (mcr)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com