Perkuat Patroli Udara, Mabes Polri Kirim Helikopter Untuk Polda Riau

Perkuat Patroli Udara, Mabes Polri Kirim Helikopter Untuk Polda Riau
Satu unit helikopter parkir di halaman Mapolda Riau
PEKANBARU - Polda Riau menerima bantuan satu unit helikopter dari Mabes Polri untuk memperkuat patroli udara khususnya terkait mengatasi illegal logging yang masif terjadi di beberapa wilayah di Provinsi Riau.
 
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, satu unit helikopter dari Mabes Polri tersebut akan digunakan untuk memantau aktifitas illegal logging yang ada di wilayah Riau melalui jalur udara.
 
"Dengan kedatangan helikopter dari Baharkam Mabes Polri yang sudah hadir di Riau saat ini, akan sangat membantu untuk kita bisa memantau dari udara akfitifas illegal logging yang masih terjadi di wilayah Riau," ujar Agung, Jumat (19/11/2021).
 
Kata Agung, helikopter tersebut akan dioperasikan mulai hari ini. Tentu perkembangan pemantauan dari udara tersebur akan diinformasikan ke satgas darat untuk dilakukan tindakan kepolisian.
 
"Kita bekerjasama dengan BBKSDA Riau dan Dinas Kehutanan untuk melakukan langkah-langkah konkrit terkait penataan lagi lahan hutan yang sudah dirambah oleh para pelaku," lanjutnya.
 
Polda Riau akan menuntaskan operasi illegal logging ini dan mengucapkan terimakasihnya kepada Mabes Polri atas bantuan helikopter yang diberikan, hal tersebut sangat membantu.
 
"Tentu harapan saya, operasi ini menjadi pembelajaran bagi kita semuanya. Ada hutan yang harus kita lindungi, karena wilayah hutan ini ada yang dialih fungsikan untuk lahan produksi dan itu sudah dimanfaatkan oleh masyarakat," ungkapnya.
 
Agung juga menyebutkan, saat ini sudah 4 orang yang diamankan terkait aktifitas Illegal Logging yang terjadi di beberapa wilayah Riau seperti di Bengkalis dan Rokan Hilir.
 
Saat ini petugas kepolisian juga masih melakukan pengejaran terhadap komplotan pelaku yang sudah ditangkap.
 
"Ada 4 orang kita amankan sementara 6 pelaku lainnya melarikan diri. Dan saat ini masih dilakukan pengejaran oleh petugas kita, sebanyak 2.319 kubik kayu berhasil kita amankan,” pungkas Agung. (rls)

Berita Lainnya

Index