Polda Riau Amankan 2.319 Kubik Kayu Hasil Ilegal Logging

Polda Riau Amankan 2.319 Kubik Kayu Hasil Ilegal Logging
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat memberikan keterangan pers kepada wartawan
PEKANBARU - Kurun waktu kurang lebih 4 hari, Tim Operasi Darat Polda Riau temukan sebanyak 2.319 kubik kayu hasil ilegal logging di kawasan hutan yang ada di wilayah Riau.
 
Pengungkapan kasus ilegal logging ini, berawal dari patroli udara yang dilakukan oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Iman Effendi pada hari Senin (15/11/2021) lalu.
 
Hal tersebut sebagai bentuk sikap tanggap kepolisian khususnya Polda Riau, pasca pidato Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, dalam KTT G20 di La Nuvola Roma Italia, terkait pemberantasan mafia perusak lingkungan.
 
Dari patroli udara, Irjen Agung menemukan banyak aktifitas ilegal Logging di kawasan hutan lindung. Geram dengan penemuan itu, Irjen Agung langsung mengerahkan Tim Patroli Darat, yang terdiri dari Ditreskrimsus dan Brimob Polda Riau, untuk segera mengakhiri aktifitas tersebut.
 
Hasilnya, di lokasi kawasan Biosfer Giam Siak Kecil, petugas menemukan 42 rakit kayu bulat kecil dan 45 rakit kayu olahan jenis kayu meranti dan mahang. Total kayu hasil ilegal logging yang diambil dari kawasan Giam Siak Kecil ada 510 batang kayu log dan 185,35 kubik kayu olahan.
 
Kemudian ada juga ?1 unit mobil truck colt diesel warna kuning, nopol BG 8735 BC yang diatasnya terdapat kayu olahan sebanyak 137 keping.
 
"Dari lokasi Cagar Alam Biosfer Siak Giam Kecil, diamankan 4 orang pelaku yang berinisial MA, NS, H dan HM. Mereka berperan sebagai cukong hingga pekerja," terang Irjen Agung, didampingi Dirkrimsus Polda Riau, Kombes Ferry Setiawan, dan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, Jumat (19/11/2021).
 
Lalu pengungkapan juga dilakukan Tim Operasi Darat di Kawasan Hutan Kerumutan, sebanyak 50 kubik kayu olahan berhasil diamankan.
 
Selanjutnya di wilayah Desa Teluk Pulau, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Tim menemukan 96 keping kayu olahan dalam bentuk papan dan bloti.
 
Di wilayah Kabupaten Bengkalis Tim Patroli Darat juga menemukan 3 truk mobil pengangkut berisi kayu bulat berjumlah 43 kubik kayu olahan hasil kegiatan ilegal logging.
 
"Total kayu yang kita temukan dari hasil Operasi Darat mencapai 2.319 kubik," lanjut Agung.
 
Dari banyaknya aksi ilegal Logging yang ditemukan Polda Riau, Irjen Agung menegaskan akan menindak tegas para pelaku kejahatan lingkungan, dan mengejar aktor-aktor intelektual yang bersembunyi dibalik kegiatan tersebut.
 
Kapolda Riau mengatakan bahwa saat ini telah mendapat bantuan satu unit helikopter dari Mabes Polri yang akan dipergunakan untuk memantau aktifitas illegal logging yang ada di wilayah Riau melalui jalur udara.
 
"Dengan kedatangan helikopter dari Baharkam Mabes Polri yang sudah hadir di Riau saat ini, akan sangat membantu untuk kita bisa memantau dari udara akfitifas illegal logging yang masih terjadi di wilayah Riau," yakin Agung.
 
Agung mengatakan, helikopter tersebut akan dioperasikan mulai hari ini. Tentu perkembangan pemantauan dari udara tersebut akan diinformasikan ke satgas darat untuk dilakukan tindakan kepolisian.
 
Polda Riau akan menuntaskan operasi illegal logging ini dan mengucapkan terimakasih kepada Mabes Polri atas bantuan helikopter yang diberikan, karena hal tersebut sangat membantu. (rls)

Berita Lainnya

Index