Tabungan Anda Biarkan Mengendap di Bank, Lama-lama Akan Habis

Tabungan Anda Biarkan Mengendap di Bank, Lama-lama Akan Habis
ilustrasi
JAKARTA - Membiarkan uang tunai mengendap dalam rekening bank, tampaknya bukan lagi pilihan yang bijak. Selain nilainya menyusut karena tergerus inflasi, secara nominal pun jumlahnya ikut berkurang karena dipotong biaya administrasi.
 
Di beberapa Bank swasta maupun Bank BUMN, terdapat beberapa jenis biaya administrasi yang harus dibayarkan seorang nasabah yang dipotong secara otomatis dari uang tabungan nasabah yang bersangkutan.
 
Potongan yang paling umum adalah biaya administrasi bulanan. Jumlahnya bervariasi dari mulai Rp 3.000 hingga Rp 20.000 per bulannya.
 
"Biaya administrasi rutin ini akan dipotong secara otomatis dari rekening nasabah secara rutin setiap bulannya," ujar seorang teller Bank swasta dilansir detikcom.
 
Selain itu, masing-masing bank menerapkan biaya tertentu untuk setiap transaksi pemindahan dana atau transfer yang melibatkan bank yang berbeda. Biaya transfer tersebut ditanggung langsung oleh nasabah setiap kali melakukan transaksi. Besarannya berkisar antara Rp 1.500 hingga Rp 5.000 setiap transaksi.
 
Hal lainnya adalah kebijakan saldo mengendap atau saldo minimum. Ada beberapa Bank yang mensyaratkan nasabah harus mengendapkan dananya dengan batas minimal tertentu.
 
"Ada saldo minimal. Jadi tidak bisa melakukan penarikan bila saldo di rekening sudah mendekati batas saldo minimum," kata teller Bank lainnya yang juga sempat dihubungi detikcom.
 
Besarannya bervariasi bergantung pada kebijakan masing-masing Bank. Dari mulai Rp 30.000 hingga Rp 150.000. Namun demikian, ada juga Bank yang tidak menerapkan batas minimum. Nasabah dapat menarik dana hingga saldo di rekening Rp 0.
 
"Tapi potongan bulanan tetap berjalan, jadi kalau nanti diisi lagi, saldonya akan dipotong secara otomatis sebesar potongan yang tidak terbayar sebelumnya," masih kata teller Bank swasta yang sama.
 
Biaya administrasi lainnya adalah biaya administrasi untuk pemindahan rekening, perubahan jenis tabungan, pencetakan rekening koran, penutupan rekening dan lainnya. Nasabah harus mengerti bahwa uang yang disimpan di tabungan bank pasti akan habis seiring berjalannya waktu. (red)

Berita Lainnya

Index