Danrem 031/WB: Mesin Serut Lidi Bantu UMKM Tingkatkan Ekonomi

Danrem 031/WB: Mesin Serut Lidi Bantu UMKM Tingkatkan Ekonomi
Komandan Korem (Danrem) 031/ WB, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung memperkenalkan penggunaan mesin serut lidi

PEKANBARU - Komandan Korem (Danrem) 031/ WB, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung menyampaikan, mesin serut lidi sawit bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) oleh Wira Bima Korem 031/WB ini, merupakan upaya membantu UMKM dan meningkatkan secara keseluruhan ekonomi di Provinsi Riau.

Disampaikannya, saat me-launching mesin serut lidi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) oleh Korem 031/WB bersama Gubernur Riau, Syamsuar berserta jajaran Kodim se Riau dan Kepala Daerah di Riau, berlangsung di Lapangan Makodim, Jalan Ahmad Yani Pekanbaru, Rabu (29/6/2022).

Menurutnya, Korem memiliki beberapa program yang bisa disinergikan dan bertujuan membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam setiap segmen. Maka pada kesempatan tersebut, pihaknya berpartisipasi membantu Pemda khususnya dalam meningkatkan pendapatan maupun perekonomian masyarakat melalui mesin serut ini.

"Yang sebetulnya sudah kita buat sebulan yang lalu, di samping kemarin kita puasa dan lebaran maka pada hari inilah kesempatan yang baik disamping silaturahim maka kami ingin mengekspos mesin ini kepada seluruh pejabat pemerintah provinsi dan kabupaten kota se Riau," kata Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung.

Danrem 031/WB mengungkapkan, bahwa mesin serut lidi ini bukan ciptaan dari nol namun adanya modifikasi. Inovasi pembuatan mesin serut ini karena banyaknya lahan sawit di Provinsi Riau.

"Semuanya sawit, terus pertanyaannya daun-daunnya kemana, lalu kita mencari-cari peluang, sebetulnya ada pak gubernur menyampaikan ada kerajinan-kerajinan dari lidi namun skalanya masih kecil," ungkapnya.

Ia menambahkan, kegunaan lidi ini juga bisa dimanfaatkan untuk hio atau juga bahan kampas rem. Namun hal ini juga membutuhkan teknologi untuk membuatnya. Bahan baku lidi ini juga merupakan bahan komoditi ekspor.

"Kalau produknya sudah bisa banyak, bisa dilakukan ekspor seperti ekspor ke India," lanjutnya.

Untuk itu, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung berharap inovasi berupa mesin serut lidi ini benar - benar bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM di daerah.

"Semoga ini benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik, menjadi nilai potensi untuk pertumbuhan ekonomi di Riau," harapnya.

Sebagai informasi, mesin serut lidi hasil modifikasi oleh Korem 031/WB saat ini berjumlah 30 mesin, dan pihaknya juga membeli mesin serut lidi yang sejenis sebanyak 33 unit. Dan akan dibagikan kepada 8 Kodim yang tersebar se Provinsi Riau masing-masing 4 mesin serut lidi. (mcr)

Berita Lainnya

Index