Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Lomba Pawai Takbir Idul Adha

Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Lomba Pawai Takbir Idul Adha
Pawai Takbir Idul Adha 1443 Hijriyah

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar lomba pawai takbir dalam rangka memeriahkan malam menyambut Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1443 Hijriyah.

Lomba pawai takbir itu dilepas oleh Bupati Kepulauan Meranti HM Adil yang di ikuti oleh perwakilan jemaah mesjid, mushola dan lembaga pendidikan, Sabtu malam (9/7/2022) di jalan Dorak Selatpanjang.

Saat sambutan pelepasan lomba pawai takbir itu, Bupati mengucapkan rasa syukur dan berharap momentum itu mampu memupuk dan meningkatkan ukhuwah Islamiah dan silaturahmi antar sesama umat.

"Saya merasa bangga dan bersyukur atas kekompakan dan kebersamaan kita pada malam ini, hendaknya momentum ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi modal utama dalam gerak langkah pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti yang kita banggakan," ungkapnya.

Dikatakannya, pada malam yang penuh keberkahan ini seluruh umat islam mengumandangkan takbir, tasbih dan tahmid dalam rangka mengagungkan dan memuji kebesaran Allah SWT.

"Sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT, mari terus kita gemakan takbir, tasbih dan tahmid memuji kebesaran Allah SWT. karena dengan melafazkan kalimat tersebut merupakan salah satu bentuk deklarasi keyakinan kita akan kebenaran dan kebesaran agama Islam," tambahnya.

Dia juga menyampaikan, Hari Raya Idul Adha hendaknya menjadi landasan untuk membangun kebersamaan dalam menyukseskan pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti. Karena sebuah kesuksesan pembangunan membutuhkan keterlibatan dan partisipasi semua pihak.

Ia mengimbau kepada semua pihak untuk satukan tekad dalam menyukseskan Visi dan Misi Kabupaten Kepulauan Meranti, sehingga terwujudnya kemakmuran di negeri ini.

Bupati juga mengingatkan untuk perlu menggali kembali hikmah ibadah kurban agar mampu meningkatkan jalinan solidaritas sosial dan tenggang rasa antar sesama manusia.

Pawai takbir Idul Adha tahun ini diperlombakan dengan dua kategori, yaitu kategori dewasa yang di ikuti oleh jemaah mesjid dan mushola, yang kedua kategori remaja yang di ikuti oleh lembaga pendidikan.

Keluar sebagai pemenang kategori dewasa yang diikuti oleh mesjid dan mushola yakni peserta dari mesjid Ar- Rahmah juara 1, mesjid Mujahidin juara 2 dan mesjid Al Kautsar juara 3.

Sedangkan untuk kategori remaja dari lembaga pendidikan dimenangkan oleh SMPN 4 Selatpanjang peringkat 1, dan SMPN 1 Selatpanjang peringkat 2.

Turut hadir pada kesempatan itu, Wabup H Asmar dan istri, Kapolres AKBP Andi Yul LTG dan istri, Sekda Bambang Suprianto dan istri, Danramil, Danpos AL, Danpos PM, Kakan Kemenag, Ketua MUI, Ketua Baznas, Ketua LPTQ dan seluruh Asisten Setdakab, serta Kepala OPD Pemkab Kepulauan Meranti. (rls)

Berita Lainnya

Index