Usai Salat Idul Adha, Kapolda Riau Sebar 207 Hewan Kurban di Pekanbaru

Usai Salat Idul Adha, Kapolda Riau Sebar 207 Hewan Kurban di Pekanbaru
Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH saat melepas pendistribusian hewan kurban ke sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru

PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH bersama personel dan masyarakat sekitar melaksanakan salat idul adha 1443 Hijriah di lapangan Mapolda pada Ahad pagi (10/7/2022).

Salat yang diikuti sekitar 2000 jemaah tersebut dipimpin Imam Ustadz Fitra Yani SE MM dan Khatib Ustadz Zulhendri LC MA.

Usai pelaksanaan salat idul adha, didahului doa bersama yang dipimpin Ustadz Zulhendri, Kapolda Riau Irjen M Iqbal didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Nyonya Nindya Iqbal menyerahkan secara simbolis 3 ekor hewan kurban jenis sapi limosin kepada pengurus masjid yang selanjutnya akan dilakukan pemotongan di Masjid Al Muthmainah dan Masjid An Nur Pekanbaru.

Usai menyerahkan simbolis, Irjen Iqbal bersama Ustadz Zulhendri melepas pemberangkatan pendistribusian hewan kurban Polda Riau ke wilayah Kota Pekanbaru yang terbagi menjadi empat sektor, yakni timur, barat, utara dan selatan.

Secara keseluruhan, pada Idul Adha 1443 Hijriyah atau tahun 2022 Masehi ini, Polda Riau dan jajaran menyediakan hewan kurban sebanyak 207 ekor (4 ekor kerbau, 151 ekor sapi dan 52 ekor kambing).

Keseluruhan hewan kurban tersebut, selain didistribusikan ke masjid masjid juga didistribusikan ke panti asuhan untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat.

Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal melalui Kabid Humas Kombes Pol Sunarto mengatakan, Polda Riau menggelar salat idul adha di halaman Mapolda yang luas sebagai sarana beribadah bersama warga masyarakat sekitar dan menjalin silaturahmi.

“Polda Riau membentuk kepanitiaan bersama PHBI khususnya Kecamatan Sail, pihak Kelurahan Cintaraja dan juga dibantu adik adik mahasiswa Universitas Riau yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata, menyelenggarakan salat idul adha 1443 Hijriah ini dengan tema ‘Idul Adha Menanamkan Nilai Nilai Pengorbanan dan Keikhlasan Pengabdian Personel Guna Mewujudkan Polri Yang Presisi’, Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” terang Narto sapaan akrabnya.

Narto juga menjelaskan pihaknya menjamin hewan kurban yang didistribusikan ke masyarakat telah memenuhi kriteria kesehatan hewan.

“Alhamdulillah, keseluruhan hewan kurban kita sehat semua, telah melalui uji kesehatan, bebas PMK dan juga telah divaksin. Jadi Insyaallah aman dikonsumsi masyarakat,” yakinnya.

Dirinya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengambil hikmah dari pelaksanaan ibadah kurban, salah satunya yakni memupuk kepedulian terhadap sesama untuk memupuk solidaritas dan kerukunan serta situasi kamtibmas yang kondusif. (rls)

Berita Lainnya

Index