Polresta Pekanbaru Bantah Tudingan Akun PSPS Riau Soal Uang Keamanan Rp 40 Juta

Polresta Pekanbaru Bantah Tudingan Akun PSPS Riau Soal Uang Keamanan Rp 40 Juta

PEKANBARU - Akun Instagram resmi PSPS Riau @pspsriau memposting permintaan uang keamanan Rp 40 juta oleh Polresta Pekanbaru saat laga melawan Kelantan FC. Polisi pun menjawab tudingan itu.

"Tidak ada seperti yang disebut dalam tulisan tersebut," kata Wakapolresta Pekanbaru, AKBP Hengki Poerwanto kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Hengki menyebut manajemen PSPS Riau baru menjelaskan kegiatan pertandingan pagi tadi. Namun penjelasan itu setelah manajemen dipanggil.

"Mereka baru menjelaskan kegiatan pertandingan tadi pagi di Polresta kepada Kabagops. Itu pun setelah dipanggil Kabagops baru datang ke Polresta," kata Hengki.

Mantan Kapolres Kuantan Singingi itu menilai manajemen PSPS Riau harusnya menjelaskan rencana kegiatan sesuai ketentuan surat izin 7x24 jam. Sehingga Polresta tidak kelabakan mempersiapkan untuk pengamanan.

"Semestinya sesuai ketentuan dalam surat izin-nya 7x24 jam sebelum pertandingan telah menjelaskan rencana kegiatan pertandingan tersebut. Sehingga Polresta tidak terkesan didadak untuk kesiapan pengamanan," kata Hengki.

Diketahui PSPS Riau menggelar pertandingan persahabatan dengan klub sepak bola asal Malaysia, Kelantan FC di Stadion Utama Riau, hari ini. Namun di tengah laga itu muncul postingan soal Polresta Pekanbaru minta jatah tiket Rp 40 juta untuk biaya keamanan.

Postingan permintaan uang keamanan itu diunggah di Instragram oleh akun resmi PSPS Riau @pspsriau, Selasa (12/7/2022). Terlihat postingan permintaan uang itu baru diunggah sekitar pukul 15.03 WIB. Postingan dari akun 67,1 ribu itu langsung mendapat banyak komentar.

"Polresta pekanbaru meminta Rp 40 juta untuk biaya keamanan pertandingan sepak bola antara PSPS Riau dan Kelantan FC," tulis kalimat pembuka dalam postingan itu.

Selanjutnya dalam caption tertulis terkait kronologi permintaan uang. Berikut isi postingan akun PSPS Riau :

Hari ini 12 Juli 2022, jam 12.30 WIB pihak Polresta Pekanbaru memanggil perwakilan Management PSPS Riau untuk datang ke kantor Polresta Pekanbaru. Pemanggilan terkait keamanan pertandingan.

Mereka mendesak agar PSPS Riau FC membayarkan biaya sebesar Rp 40 juta. Kami menyesalkan mengapa pihak Polresta tidak memberikan informasi ini lebih awal.

Pihak PSPS Riau FC telah mengantongi surat izin keramaian dari Polresta yang ditandatangani pada 8 Juli 2022 oleh Kapolresta Pekanbaru.

Atas hal tersebut, kami management PSPS Riau FC menyatakan keberatan karena hal ini tidak berdasar.

Besar kemungkinan pertandingan tidak dapat dilaksanakan. Kami berharap semua masyarakat dan fans dari PSPS Riau bersabar.

TTD. Tim Koordinator

Berita Lainnya

Index