Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62

Wabup Asmar Harap Kerjasama Yang Baik Dengan Kejari Terus Terjaga

Wabup Asmar Harap Kerjasama Yang Baik Dengan Kejari Terus Terjaga
Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar menyuapkan nasi tumpeng kepada Kepala Kejari Kepulauan Meranti Waluyo SH MH

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar menghadiri peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 dan HUT Adhyaksa Dharmakarini Ke-22 di Kantor Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti, Jumat 22 Juli 2022.

Dalam sambutannya, Wabup mengucapkan Selamat dengan harapan Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti eksis dalam mengawal semua program pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan terus menjadi mitra kerja pengawasan.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan program pemerintah banyak kendala, tantangan apalagi yang berkaitan dengan pelaksanaan aturan. Dengan itu, Wabup meminta Kejaksaan tidak segan memberikan saran dan masukan kepada instansi terkait, sehingga hal-hal yang diharapkan bisa terjadi.

Menurutnya, hari Bhakti Adhyaksa ke 62 merupakan momentum yang sangat tepat untuk melakukan evaluasi secara internal dan semangat bagi Korps Adhyaksa untuk meningkatkan kinerja dan komitmen dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, dengan berjalannya supremasi hukum yang berkeadilan.

"Saya mengucapkan terima kasih serta rasa bangga terhadap kinerja yang telah diraih oleh Kejaksaan Negeri Kepulauan Kepulauan Meranti selama ini. Bukan hanya menyangkut penegakan hukum pada umumnya tetapi sinergitas yang terjalin sangat harmonis. Saya berharap kerja sama yang baik selama ini tetap terus terjaga serta lebih baik kedepannya," harap Wabup Asmar.

Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti, Waluyo SH MH mengatakan, syukuran Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 62 dan HUT Adhyaksa Dharmakarini ke 22 pada tahun 2022 ini bertema 'Kepastian Hukum, Humanis menuju Pemulihan Ekonomi'.

Tema tersebut, jelasnya, merupakan wujud kepekaan Kejaksaan melihat dinamika bangsa dan negara saat ini, serta menunjukan optimisme Kejaksaan dalam berperan menghadirkan penegakan 
hukum yang memberikan manfaat luas dalam menunjang kebangkitan ekonomi Indonesia.

Kepastian hukum yang humanis adalah penegakan hukum yang dilakukan dengan memperhatikan keadaan sekitar dan memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara proporsional, tetapi bukan berarti tunduk pada tekanan, namun cermat dalam menyerap nilai keadilan yang tumbuh di masyarakat.

"Karena hukum ditegakkan dengan akal pikir, dan keadilan diasah dengan hati nurani. oleh karena itu seluruh aparat penegak hukum harus senantiasa menempa keterampilan hukum dan nilai-nilai keadilan, agar hukum yang adil dapat ditegakkan dengan sempurna," ujarnya.

Ditegaskannya, seorang jaksa harus terus mengasah hati nurani agar mampu menyeimbangkan segala aspek hukum, baik tertulis maupun tidak tertulis dengan jernih sebagai landas pijak setiap tindakan.

"Sering saya sampaikan kepada saudara insan adhyaksa sekalian, jangan pernah mencari rasa keadilan di dalam buku, melainkan temukan rasa keadilan di dalam hati nurani kalian," paparnya.

Waluyo mengungkapkan, dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke 62, Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan Bhakti Adhyaksa, seperti bhakti sosial, pekan olahraga dengan perlombaan masyarakat, jalan santai serta berziarah ke makam pahlawan.

Kajari Waluyo SH MH juga menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Forkopimda Kepulauan Meranti dan semua pihak serta jajaran Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti yang selama ini telah berdedikasi dalam menjalankan tugas.

Turut hadir pada acara itu Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan SE, Wakapolres Kompol Robert Arizal S.Sos, Sekda Bambang Suprianto, Danramil, Danposal, Kalapas Selatpanjang, Kepala Imigrasi, Kepala KSOP, Kepala Pelindo, Kepala KPPBC, Pimpinan Perbankan, Staf Ahli, Asisten I, II, III, Kepala OPD, Kabag Hukum dan Kabag Prokopim. (*)

Berita Lainnya

Index