Pemerintah Desa Banglas Gelar Pelatihan Ketahanan Pangan

Pemerintah Desa Banglas Gelar Pelatihan Ketahanan Pangan
Pembukaan Pelatihan Ketahanan Pangan tentang Budidaya Ikan di Kantor Desa Banglas, Kamis 4 Agustus 2022

MERANTI - Pemerintah Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, menggelar Pelatihan Ketahanan Pangan yang dikhususkan pada bidang Budidaya Perikanan, bertempat di Kantor Desa Banglas, Kamis 4 Agustus 2022.

Hadir pada pembukaan Pelatihan itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti, Eldi Saputra SPi MSi selaku narasumber, Plt. Camat Tebing Tinggi, Edi Susanto SSTP MSi, Kepala Desa Banglas, Abdul Zaid, Kasi PMD Kecamatan Tebing Tinggi, Masitah, SE, Ketua BPD Banglas, M Razid Syafri, Sekdes Banglas, Masyaudi, Ketua LPMD Banglas Khairulizan dan para peserta.

Kepala Desa Banglas Abdul Zaid dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan pelatihan itu merupakan program APBDes Banglas Tahun Anggaran 2022. Pelatihan di ikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari perwakilan kelompok nelayan tangkap dan nelayan budidaya di Desa Banglas.

"Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan atau wawasan kelompok nelayan yang ada di Desa Banglas, khususnya pada bidang budidaya perikanan, guna meningkatkan ketahanan pangan," kata Kepala Desa.

Pada pelatihan yang juga melibatkan panitia dari Mahasiswa Kukerta UNRI ini, para peserta dibekali alat tulis, modul, konsumsi dan diberikan uang saku.

"Harapan kami para peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai, sehingga dapat menyerap banyak informasi serta pengetahuan yang bermanfaat dari narasumber, termasuk peluang apa saja yang dapat diambil dari program Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti," ujarnya.

Plt. Camat Tebing Tinggi, Edi Susanto SSTP MSi dalam sambutannya mengapresiasi program pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Banglas. Menurutnya, kegiatan ini juga dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, disamping menjaga ketahanan pangan, khususnya di lingkungan masyarakat Desa Banglas.

"Pelatihan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam menggali potensi ketahanan pangan untuk dapat diimplementasikan nantinya di lapangan," ujar Camat Edi Susanto.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti, Eldi Saputra SPi MSi selaku narasumber memaparkan berbagai program yang telah dan akan dilaksanakan oleh Dinas yang dipimpinnya, termasuk sejumlah peluang yang dapat diserap masyarakat dari program Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Eldi mengatakan, potensi ekonomi dari budidaya perikanan di Kabupaten Kepulauan Meranti sangat besar, terlebih lagi saat ini Dinas Perikanan sedang berupaya meningkatkan budidaya jenis ikan yang memiliki nilai ekonomi tinggi di pasaran.

Setelah pemaparan narasumber, para peserta diberikan kesempatan menyampaikan pertanyaan terkait materi pelatihan yang diberikan. (*)

Berita Lainnya

Index