Ini Cara Mahasiswa KKN UNRI Semarakkan Tahun Baru Islam di Banglas

Ini Cara Mahasiswa KKN UNRI Semarakkan Tahun Baru Islam di Banglas
Pelepasan Pawai Akbar Tahun Baru Islam oleh Kepala Desa Banglas, Abdul Zaid

MERANTI - Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau (UNRI) dalam menyemarakkan Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah cukup dirasakan di Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Bersama Pemerintah Desa Banglas dan pihak Sekolah, para Mahasiswa KKN UNRI menggelar Pawai Akbar 1 Muharram yang dimulai dari depan Kantor Desa Banglas.

Ketua Kelompok Mahasiswa KKN UNRI di Desa Banglas, Farhan Syahdani dalam rilis yang diterima jurnalmadani.com, Sabtu 6 Agustus 2022 mengungkapkan, kegiatan Pawai Akbar 1 Muharram untuk memeriahkan Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah itu telah dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2022 lalu.

"Pawai diikuti oleh hampir 1000 orang peserta yang sebagian besarnya adalah para siswa dan siswi sekolah yang ada di Desa Banglas," ungkapnya.

Pawai Akbar Tahun Baru Islam itu dilepas oleh Kepala Desa Banglas Abdul Zaid. Para peserta start dari depan Kantor Desa dan memanjang hingga 500 meter mengelilingi sejumlah ruas jalan di Desa Banglas.

Setelah pemotongan pita tanda dimulainya Pawai Akbar Tahun Baru Islam itu, gemuruh lantunan sholawat dan takbir pun menggema indah di sepanjang jalan yang dilalui.

"Dari depan Kantor Desa Banglas di Jalan Banglas, peserta berjalan memutar di Jalan Perumbi, kemudian belok ke Jalan Rintis dan terakhir masuk ke Jalan Mahmud Banglas hingga finish kembali di Kantor Desa Banglas," ujarnya.

Adapun peserta dari sekolah, yakni berasal dari SD Negeri 014 Banglas, SDN 015 Banglas, SDIT Permata, SD Swasta Islam Al-Hikmah, SMPIT Permata, MTs Al-Hikmah, SMAN 3 Tebing Tinggi dan MAN 1 Tebing Tinggi.

“Pawai ini kami koordinir bersama Pemerintah Desa dan pihak sekolah di Desa Banglas sebagai bentuk pengabdian kami Mahasiswa KKN UNRI dalam menyambung tali silaturrahmi dengan masyarakat desa,” kata Farhan.

Kepala Desa Banglas, Abdul Zaid dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan pawai yang dikoordinir oleh Mahasiswa KKN UNRI tersebut, yang menurutnya berlangsung sangat meriah.

“Saya acungkan jempol untuk adik-adik mahasiswa yang telah berani menyelenggarakan acara besar dan meriah ini di Desa Banglas. Ide mereka untuk membuat pawai akbar muharram ini menjadi motivasi untuk kita semua agar tahun depan pawai ini tetap ada,” kata Kades Abdul Zaid.

Hal serupa juga dikatakan Kepala SMAN 3 Tebing Tinggi, Suryani, yang mengapresiasi semangat para Mahasiswa KKN UNRI di Desa Banglas.

“Saya sangat mengapresiasi pawai akbar ini dan berharap kedepannya pawai ini tetap ada dan perangkat Desa Banglas dapat melanjutkan semangat adik adik mahasiswa dalam menjalin silaturrahmi dengan masyarakat Desa Banglas,” ujar Suryani. (sakinah aida)

Berita Lainnya

Index