Bupati Adil Hadiri Tabligh Akbar Pekan Muharram 1444 H di Masjid Ar-Rahmah Banglas

Bupati Adil Hadiri Tabligh Akbar Pekan Muharram 1444 H di Masjid Ar-Rahmah Banglas
Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH MM saat menyampaikan sambutannya

MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH MM menghadiri Tabligh Akbar pekan Muharram 1444 Hijriyah di Masjid Ar-Rahmah, Desa Banglas, Kecamatan Tebingtinggi. Senin (8/8/2022) malam.

Usai salat isya berjamaah, Ketua Pengurus Masjid Ar-Rahmah Ustaz Aljufri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada Bupati beserta rombongan yang telah bersedia hadir pada Tabligh Akbar pekan Muharram ini.

"Tabligh Akbar Pekan Muharram ini kami laksanakan setiap tahun baru islam, dan akan di isi dengan perlombaan contohnya pidato bahasa Inggris dan Arab," ujarnya.

Aljufri mengatakan, nantinya akan mendirikan sebuah wadah belajar bahasa Arab, Inggris dan Mandarin untuk generasi muda.

"Kita juga akan menampung siswa SMA dan SMP yang ingin belajar, Insha Allah rencana di bulan September akan kita buka kelas," ungkapnya.

Sebelum menyampaikan sambutan, Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH MM menyerahkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten kepada pengurus Masjid agar dipergunakan sebaik mungkin dalam hal kepentingan Madjid Ar-Rahmah.

Dalam sambutannya, Bupati mengajak masyarakat muslim pada tahun baru 1444 hijriyah ini dapat lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, diberikan kemudahan dalam hidup dan termasuk kedalam golongan orang-orang yang beruntung.

"Kami selaku pemerintah daerah,  sangat mendukung dan mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan Pekan Nasi Asuro (KANASRO) di Masjid Ar-Rahmah Desa Banglas. Kegiatan tahunan yang dilaksanakan dalam menyambut dan memeriahkan peringatan tahun baru islam ini dapat melestarikan budaya asyura yang  saat ini sudah tidak banyak dilaksanakan oleh masyarakat," ungkapnya.

"Untuk itu saya berharap kegiatan Pekan Nasi Asuro seperti itu harus terus ditingkatkan lagi di tahun-tahun yang akan datang, tidak hanya di Desa Banglas saja tetapi di desa lain yang berada di Meranti," tambahnya.

Bupati menjelaskan, bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Sebagai bulan pertama dalam sistem kalender Islam yang juga merupakan salah satu momentum penting bagi umat Islam untuk mengubah diri menjadi lebih baik.

"Saya berpesan buatlah kegiatan yang dapat menyentuh dan memberdayakan masyarakat, khususnya kepada para kaum duafa dan anak yatim, meraih kemenangan tahun baru islam disambut dengan suka cita, tingkatkan Iman dan taqwa, bersihkan hati, sucikan diri serta perkuat ukhuwah Islamiah," tutup Bupati HM Adil.

Turut hadir pada acara itu para Staf Ahli Bupati, Asisten Setdakab, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat Tebing Tinggi, Kepala Desa Banglas beserta perangkat Desa dan para jemaah dan masyarakat Desa Banglas. (*)

Berita Lainnya

Index