Kapolda Riau Irjen M Iqbal Ekspose Tindak Pidana Narkotika 40 Kg Sabu

Kapolda Riau Irjen M Iqbal Ekspose Tindak Pidana Narkotika 40 Kg Sabu
Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH melakukan Ekspose pengungkapan tindak pidana narkotika 40 kilogram (kg) sabu

BENGKALIS – Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH melakukan Ekspose pengungkapan tindak pidana narkotika 40 kilogram (kg) sabu di Duri, Kecamatan Mandau, Bengkalis, Selasa (6/9/2022).

“Sabu seberat 40 kilogram ini disita dari 3 orang tersangka jaringan internasional Indonesia - Malaysia,” kata Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal didampingi Bupati Bengkalis Kasmarni, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto dan Direktur Resnarkoba, Kombes Pol Yos Guntur.

Dibeberkan Iqbal, 2 dari 3 tersangka ditangkap di wilayah Kabupaten Bengkalis. Sementara seorang lagi diringkus di Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Salah seorang tersangka berinisial RS, bertugas mengambil barang langsung ke Malaysia. Polisi kemudian melakukan penelusuran dengan cara interogasi dan juga analisa alat komunikasi yang digunakan tersangka.

“Kita memetakan jaringan yang ada di luar sana. Mudah-mudahan kita bisa segera tangkap bandarnya,” ucap Irjen M Iqbal.

Ditambahkan Iqbal, pengungkapan kasus narkoba ini yang kesekian kalinya selama kurang lebih 7 bulan dirinya diamanahi sebagai pimpinan Korps Bhayangkara di Bumi Lancang Kuning.

Dimana total barang bukti yang disita khususnya narkotika jenis sabu, jumlahnya sudah mencapai hampir setengah ton atau tepatnya 400 kg.

Dari kasus ini, puluhan tersangka sudah disidangkan. Hal ini menunjukkan keseriusan aparat di dalam pengungkapan dan pemberantasan narkoba yang ada di Riau.

Irjen M Iqbal menjelaskan, dalam upaya memberantas barang haram, aparat tidak bisa bekerja sendiri. Melainkan harus ada kerjasama dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan lainnya. Seperti pemerintah daerah, TNI, pemuka agama, tokoh adat dan seluruh elemen masyarakat lainnya.

Tak hanya kerjasama antar unsur di Riau saja, bahkan dipaparkan mantan Kadiv Humas Polri itu, Polda Riau juga menjalin kerjasama dengan Kepolisian Diraja Malaysia dalam upaya mencegah peredaran narkoba.

“Karena sebagaimana diketahui, sebagian besar narkoba yang masuk ke Indonesia lewat Riau, berasal dari negeri jiran Malaysia. Kita terus memaksimalkan upaya pemberantasan narkoba dari hulu sampai ke hilir,” pungkasnya. (*)

Berita Lainnya

Index