Pemerintah Bakal Bagi-bagi Kompor Listrik Gratis

Pemerintah Bakal Bagi-bagi Kompor Listrik Gratis
Menteri ESDM Arifin Tasrif di Gedung Sarulla Kementerian ESDM. Photo : VIVA/Anisa Aulia

JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, Pemerintah akan membagikan kompor listrik secara gratis kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mengurangi penggunaan elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi.

"Iya dibantu," tegas Arifin kepada wartawan di Kantor ESDM, Senin, 19 September 2022.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana yang ditemui secara terpisah menuturkan, pembagian kompor gratis itu akan diberikan saat proses uji coba dan implementasi.

"Iya gratislah! Kan namanya masih uji coba, nanti pas implementasinya pasti gratis. Dulu juga kan gratis waktu bagi elpiji dengan kompornya, kira-kira kita juga akan mirip seperti dia," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan uji coba penggunaan kompor listrik akan dilakukan di sejumlah daerah.

"Sedang dilakukan piloting (uji coba) di beberapa daerah antara lain Bali dan Solo. Nanti kita review setelah piloting jalan," ucap Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan.

Airlangga mengatakan, kebijakan peralihan penggunaan kompor listrik itu masih menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan uji coba yang dilakukan.

"Itu sudah dilaporkan (ke Presiden Jokowi) dan menunggu piloting," ucapnya. (*)

Berita Lainnya

Index