Ribuan Masyarakat Padati Kenduri Sekampung HUT Desa Banglas Ke-111

Ribuan Masyarakat Padati Kenduri Sekampung HUT Desa Banglas Ke-111

MERANTI - Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Banglas Ke-111 diperingati dalam bentuk Kenduri Sekampung yang dipadati oleh ribuan masyarakat Desa Banglas dan sekitarnya, Rabu malam 21 Desember 2022.

Hadir pada acara itu Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Anggota DPRD yang juga Ketua DPH LAMR Meranti Muzamil, Ketua MKA LAMR Meranti H Ridwan Hasan, Asisten I Setdakab Drs H Irmansyah MSi, Kepala Dinas PMD, Camat Tebing Tinggi, Kapolsek, Danramil, para Kepala Desa, Lurah di Kecamatan Tebing Tinggi dan unsur lainnya.

Ketua Panitia Syamsul Bahri S.Pd dalam laporannya mengungkapkan, peringatan HUT Desa Banglas Ke-111 sudah di isi dengan berbagai perlombaan sejak beberapa hari sebelumnya, yakni Lomba Karaoke Lagu Melayu, Lomba Pidato tingkat SD dan sederajat, Lomba Kolase tingkat PAUD dan Lomba Stand Bazar Kenduri Sekampung.

"Rangkaian kegiatan HUT Desa Banglas Ke-111 ini terselenggara berkat dukungan dana dari berbagai pihak, yakni Pemerintah Desa Banglas, para donatur dan swadaya seluruh lapisan masyarakat Desa Banglas," ungkapnya.

Pada puncak acara HUT Desa Banglas Ke-111 ini juga dilakukan pengukuhan Lembaga Adat Desa (LAD) Banglas berdasarkan Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa, dimana pengukuhan dilakukan oleh Kepala Desa Banglas Abdul Zaid terhadap 22 orang pengurus LAD yang diketuai H. Hasan Basri.

Kades Banglas Abdul Zaid dalam sambutannya mengungkapkan, rangkaian acara HUT Desa Banglas ke-111 terselenggara berkat dukungan yang sangat luar biasa dari seluruh lapisan masyarakat Desa Banglas.

"Tanpa dukungan masyarakat, maka kegiatan ini tidak akan terselenggara, namun dukungan kerjasama dari masyarakat Banglas sangat luar biasa. Ini merupakan bukti refleksi dari motto kegiatan HUT Desa Banglas ini, yakni Bersama Kita Kuat, Bersatu Kita Hebat. Semoga dapat terus kita terapkan di kehidupan bermasyarakat kedepannya," harap Kepala Desa.

Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan dalam sambutannya memuji semangat yang tersirat pada motto HUT Desa Banglas ke-111. Kedepan, Fauzi ingin melihat bukti motto Bersama Kita Kuat, Bersatu Kita Hebat di Desa Banglas.

"Saya mau lihat pemilu 2024 nanti ada orang Banglas yang terpilih menjadi wakil rakyat," kata Fauzi Hasan.

Sementara itu Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar dalam sambutannya menyampaikan salam dari Bupati Kepulauan Meranti H M Adil yang saat ini masih berada di Jakarta memperjuangkan Dana Bagi Hasil (DBH) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Wakil Bupati H Asmar menyampaikan ucapan tahniah HUT Ke-111 Desa Banglas. Dikatakannya, Desa merupakan basis strategis dalam pelaksanaan program pembangunan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

Memasuki tahun politik 2023 jelang tahun pemilu 2024, Wabup Asmar mengingatkan masyarakat Desa Banglas dan umumnya Kabupaten Kepulauan Meranti untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

"Berbeda pendapat bagus, tapi jangan berkelahi berhantam. Tahun 2023 sudah masuk tahun politik, jangan sampai becekau sesama melayu tidak ada gunanya," ingatnya.

Wabup Asmar juga mengajak masyarakat untuk terus berusaha membangun perekonomian keluarga.

"Saya walaupun sebelumnya polisi, tapi saya juga berusaha, banyak yang saya usahakan, banyak yang saya jual. Jadi kita jangan berdiam diri, teruslah berusaha membangun perekonomian keluarga kita," ajak Wakil Bupati.

Wabup Asmar kembali menambahkan agar masyarakat Desa Banglas khususnya dan Kepulauan Meranti umumnya terus bahu membahu dan tidak terpecah belah karena perbedaan pandangan politik.

"Jangan terpecah belah karena politik. Pilih saja siapa yang menurut kita terbaik," tambah Wakil Bupati.

Di samping hiburan dendang lagu Melayu, pada acara Kenduri Sekampung HUT Desa Banglas Ke-111 ini juga diumumkan para pemenang lomba dan sekaligus pembagian hadiah.

Adapun juara Lomba Karaoke kategori Putri 45 tahun keatas, Juara 1 Ema, Juara 2 Karmawati, Juara 3 Ismar, Harapan 1 Asmalaili, Harapan 2 Siti Fatimah, Harapan 3 Murni.

Juara Lomba Karaoke kategori Putra 45 tahun keatas, Juara 1 Hasbul Zalik, Juara 2 Saprin, Juara 3 Ridwan H Jalal, Harapan 1 Suhaimi, Harapan 2 Arsyad dan Harapan 3 Rubama.

Lomba kolase HUT Desa Banglas tingkat anak PAUD, Juara 1 Rifqi Hambali, Juara 2 Chintya Riski Az-Zahra, Juara 3 M Arfan Limisya Andika, Harapan 1 Muhammad Habib, Harapan 2 Dona Syakira, Harapan 3 Fatimah Az-Zahra.

Kemudian Lomba Pidato tingkat SD sederajat, Juara 1 Suci Quratul Aini, Juara 2 T Sarifah Aisaska Jeva, Juara 3 M Subhan dan Juara Harapan 1 Ainul Hasanah.

Sedangkan Lomba Stand Bazar, Juara 1 Pengusaha Dusun IV Banglas, Juara 2 Dusun I Banglas, Juara 3 Dusun IV Banglas, Juara 4 Posyandu Banglas, Juara 5 Madrasah Aliyah Negeri dan Juara 6 Musatodo. (*)

Berita Lainnya

Index