Pemerintah Akan Bangun Rumah Sakit Khusus Penyakit Jantung dan Kanker di Riau

Pemerintah Akan Bangun Rumah Sakit Khusus Penyakit Jantung dan Kanker di Riau
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Foto Diskominfotik Provinsi Riau)

KAMPAR - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan kunjungan kerja pertama di tahun 2023. Provinsi Riau menjadi daerah perdana Presiden dalam melakukan Kunker.

Kehadirannya di Bumi Lancang Kuning ini disambut meriah oleh ribuan siswa sekolah dan masyarakat di sepanjang jalan Sudirman Kota Pekanbaru, Rabu (04/01/2023).

Dalam perjalanannya di Kota Pekanbaru, Presiden Jokowi bersama Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar langsung meninjau RSUD Arifin Achmad, lalu ke Pasar Bawah yang identik dengan julukan Pasar Wisata. Kemudian, perjalanan dilanjutkan, ke Kabupaten Kampar untuk meresmikan ruas jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Saat menyampaikan keterangan pers usai peresmian jalan tol, Presiden mengatakan, dengan adanya jalan tol tersebut diharapkan dapat menjadi percepatan mobilitas akses lalu lintas masyarakat, barang, dan jasa yang semakin membaik. Sehingga menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di provinsi Riau.

“Dan kita harapkan juga bisa menumbuhkan sentral baru dan pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja, dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat,” ucapnya.

Presiden Jokowi sempat ditanyakan terkait pelayanan dan fasilitas rumah sakit yang ada di Provinsi Riau. Menurutnya, semua pasien telah dilayani dengan baik, termasuk juga BPJS sudah berjalan secara aturannya.

Namun, Jokowi jelaskan, di Provinsi Riau ini masih kurang dengan kebutuhan Rumah Sakit khusus untuk pengidap penyakit Jantung dan Kanker.

Sehingga, dirinya mengungkapkan bahwa nantinya di Bumi Lancang Kuning ini akan didirikan Rumah Sakit khusus untuk penderita penyakit jantung dan kanker.

“Dan tadi memang ada ini masih kurang, kebutuhan rumah sakit di Pekanbaru adalah Rumah Sakit khusus mungkin misalnya Jantung, Rumah sakit khusus mungkin untuk kanker. ini yang dibutuhkan di Provinsi Riau,” jelasnya.

“Baru saya bicarakan tadi dengan Pak Gubernur, tanahnya disiapin dari Provinsi. Nanti kita bangunan dan lainnya,” lanjut Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi berharap dengan adanya rumah sakit khusus tersebut masyarakat di Provinsi Riau dapat merasakan manfaatnya, dan ini juga dapat mengurangi warga yang berobat ke luar negeri.

“Dari Kementerian Kesehatan sudah membantu perawatan khusus jantung untuk kanker. Tahun ini akan segera kita siapkan alkesnya. Artinya kita ingin mengurangi sebanyak-banyaknya warga kita yang berobat ke luar negeri,” tutupnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index