Meriah, Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution Buka MTQ Kecamatan Sukajadi

Meriah, Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution Buka MTQ Kecamatan Sukajadi

PEKANBARU - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 51 Kecamatan Sukajadi, yang digelar di Komplek Perumahan Kejati Riau, Jalan Dahlia Gang Jati, Kelurahan Harjosari, resmi dibuka, Rabu (18/01/2023) malam.

Event akbar tahunan kali dibuka secara resmi oleh Pj Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution dengan menabuh beduk bersama Camat Sukajadi dan di ikuti oleh seluruh undangan yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Sebelum diresmikan, MTQ Kecamatan Sukajadi ini terlebih dahulu diawali dengan pawai defile seluruh kafilah Kelurahan se Kecamatan Sukajadi, pameran bazar UMKM sebanyak 7 stand Kelurahan se Kecamatan Sukajadi.

Dari pantauan Media, acara MTQ yang dilangsungkan di komplek Perumahan Kejati Riau dihadiri Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun yang diwakili Pj Sekda Indra Pomi, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Nofriza, Anggota DPRD Pekanbaru Fathullah, Forkopimcam Sukajadi, pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru dan ratusan masyarakat.

Pj Sekda Indra Pomi Nasution mengapresiasi dengan digelarnya kegiatan MTQ tingkat Kecamatan Sukajadi.

Disampaikan Indra Pomi, dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat dan anak-anak dapat fasih membaca dan mengamalkan isi kandungan Alquran. Agar ini terus dikembangkan maka pemerintah daerah melakukan kegiatan MTQ ini setiap tahun.

"Jadi sebenarnya musabaqoh-musabaqoh seperti ini tidak harus menunggu setiap tahun di gelar, tapi setiap MDTA, MDA kalau bisa ya tanding itu. Kalau sudah sering bertanding maka kami yakin anak-anak kita ini memiliki nilai yang sangat baik," katanya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia MTQ , Ilham Pratama, mengatakan jika tujuan digelarnya MTQ Kecamatan Sukajadi agar seluruh masyarakat bisa mengamalkan Alquran.

"Konsep dan tujuan MTQ yakni mensyiarkan ajaran agama Islam dengan melibatkan masyarakat. Jadi ini bukan hanya lomba dan seremonial saja, tapi bagaimana masyarakat Pekanbaru bisa mengamalkan ayat-ayat suci Alquran," kata Ilham, Rabu (18/01/2023).

Sementara itu, Camat Sukajadi DR Andin  menjelaskan gelaran MTQ tahun ini yang diikuti 56 peserta memiliki tujuan untuk menjaring bibit-bibit qori-qoriah di ajang MTQ tingkat Kota Pekanbaru.

"Kita sangat berharap, para qori-qoriah Sukajadi bisa muncul dari gelaran MTQ tingkat Kecamatan Sukajadi yang nantinya akan mengikuti MTQ tingkat Kota Pekanbaru di Kecamatan Kulim," ungkapnya.

Camat perempuan bergelar doktor di Kota Pekanbaru ini kembali mengatakan jika kegiatan MTQ tingkat Kecamatan Sukajadi akan berlangsung selama dua hari mulai 18 Januari hingga 19 Januari 2023 dan pada penutupan insyaallah akan di hadiri langsung oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP yang dipusatkan di Masjid paripurna Muamalah Komplek Perumahan Kejati Riau Jalan Dahlia.

"Sementara untuk cabang yang akan diperlombakan dalam MTQ ke 55 ini. Diantaranya, cabang Tilawah tingkat dewasa, remaja, dan anak-anak putra dan putri. Tahfiz quran 1 juz tingkat putra dan putri ," pungkasnya. (rls/ns)

Berita Lainnya

Index