Pemkab Kepulauan Meranti Serahkan 28 Sapi Qurban

Pemkab Kepulauan Meranti Serahkan 28 Sapi Qurban
Penyerahan Sapi Qurban Pemkab Kepulauan Meranti kepada Pengurus Masjid Ar-Rahmah Desa Banglas

SELATPANJANG - Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah atau Tahun 2017 ini, Pemkab Kepulauan Meranti menyerahkan 28 Ekor Sapi Qurban dan menggelar Pawai Takbir yang dipusatkan di Jalan Merdeka, depan Taman Cik Puan, Selatpanjang, Kamis malam 31 Agustus 2017.

Sebelum melepas Pawai Takbir Idul Adha, pada sore harinya disebar 28 Sapi Qurban di 9 Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Meranti. Penyerahan sapi Qurban dilakukan secara simbolis oleh Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti Drs H.T. Akhrial.

28 Sapi Qurban yang diserahkan Pemkab Kepulauan Meranti itu, merupakan sumbangan dari para pegawai (PNS) di seluruh Organisasi Perangkat Daerah, dalam rangka berbagi kebahagiaan khususnya dengan masyarakat kurang mampu di Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah.

Dikatakannya, jumlah hewan Qurban bantuan Pemkab Kepulauan Meranti itu akan ditingkatkan jumlahnya pada tahun mendatang, sehingga masyarakat kurang mampu yang berada di seluruh pelosok desa dapat merasakan kebahagiaan di hari besar Islam itu.

"Kedepan kita akan menghimpun dana lebih awal dari para PNS yang ingin berqurban, dengan begitu tentunya jumlah hewan qurban bisa lebih banyak," ucap Tengku Akhrial.

Kemudian pada malam harinya, dalam rangka syiar islam dan menyemarakan malam Idul Adha 1438 Hijriyah, Pemkab Kepulauan Meranti menggelar pawai takbir yang di ikuti oleh pelajar, pengurus masjid dan masyarakat lainnya.

Pawai Takbir itu dilepas oleh Bupati Irwan bersama Wakil Ketua DPRD Muzamil, yang ditandai dengan pemukulan beduk, didampingi Ketua TP PKK Nirwana Sari Irwan, Sekdakab Yulian Norwis SE MM, Ketua MUI, Kakan Kemenag Meranti, Kabag Ops Polres, para Pejabat OPD dan masyarakat.

Pawai takbir Idul Adha tahun ini terasa semakin semarak karena di ikuti kendaraan hias yang dibuat sedemikian rupa menyerupai masjid dan beduk khas hari raya. Ribuan masyarakat juga tidak ingin melewatkan momen itu dengan menonton di sepanjang jalan yang dilalui.

Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi mengucapkan apresiasinya dan berharap agar kegiatan itu dapat dilaksanakan lebih meriah lagi di tahun-tahun berikutnya, serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memaknai hari raya Qurban.

"Semoga melalui Pawai Takbir Idul Adha ini dapat semakin meningkatkan keimanan kita kepada Allah dan lebih menghayati makna Idul Adha dengan berbagi kebahagiaan kepada masyarakat kurang mampu melalui ibadah penyembelihan hewan Qurban," ujar Bupati Irwan. (rls/san)

Berita Lainnya

Index