Dinas PMD Kepulauan Meranti Bereaksi Soal Rencana Kades Tutup Kantor Desa

Dinas PMD Kepulauan Meranti Bereaksi Soal Rencana Kades Tutup Kantor Desa

MERANTI - Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, langsung bereaksi menyusul adanya rencana sejumlah Kepala Desa yang akan menutup Kantor Desanya.

Ancaman penutupan Kantor Desa itu seperti disampaikan Kepala Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Sugianto, melalui akun media sosial facebook miliknya. Dimana, Sugianto berencana akan menutup Kantor Desa yang dipimpinnya hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

"Kami Akan Tutup Kantor Desa Sampai Batas Waktu Yg Belum Ditentukan," tulisnya, Selasa 21 Maret 2023.

Kepada awak media, Sugianto mengaku kecewa karena sejumlah item alokasi anggaran belum direalisasikan oleh Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Desa.

"Dana Siltap (penghasilan tetap) kami belum direalisasikan, bahkan informasinya hanya akan dibayarkan satu bulan saja, padahal operasional kami sudah tiga bulan," ungkapnya.

Menyikapi itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Meranti, Sukirno, langsung mengeluarkan Surat Himbauan kepada seluruh Kepala Desa.

Dalam suratnya, Plt Kadis PMD Sukirno meminta Kepala Desa agar tetap menjalankan roda pemerintahan sebagaimana mestinya. Dalam surat itu, Sukirno tidak memberikan solusi apapun untuk menjawab aspirasi yang disampaikan oleh para Kepala Desa.

"Untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan roda pemerintahan, maka pemerintah desa dilarang melakukan penutupan Kantor Desa," sebagaimana ketikan dalam surat yang ditandatangani Plt Kadis PMD Kepulauan Meranti Sukirno. (*)

Berita Lainnya

Index