Kapolda Riau Irjen Iqbal Sudah Copot Dua Kapolsek Terkait Tahanan Kabur

Kapolda Riau Irjen Iqbal Sudah Copot Dua Kapolsek Terkait Tahanan Kabur
Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH

PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH sudah mencopot dua Kapolsek terkait tahanan kabur, yakni Kapolsek Rumbai, Iptu Putra Amor dan Kapolsek Langgam, Iptu Arthur Joshua, yang juga tahanannya kabur bulan lalu.

"Sudah dua kapolsek yang saya copot terkait tahanan lari," kata Iqbal Senin (21/8/2023) kemarin.

Iqbal juga meminta agar Kapolsek dan anak buahnya yang berjaga saat tahanan melarikan diri diperiksa oleh Propam Polda Riau. Sebab, mereka dinilai lalai dalam menjalankan tugasnya.

"Perwira dan bintara-bintara yang pada hari itu bertugas diperiksa, jika terbukti semua akan saya tempatkan di tempat yang bersifat demosi," jelasnya.

Sebelumnya, pelarian sepuluh tahanan yang sempat kabur dari Polsek Rumbai akhirnya terhenti. Mereka ditangkap kembali oleh tim khusus bentukan Kapolresta Pekanbaru bersama Ditreskrimum Polda Riau.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri Ronald Parulian Siagian mengatakan kesepuluh tahanan yang kabur berinisial RR, RNY, RF, MA, HI, SC, DS, NW, A dan DP. Bahkan, empat di antaranya terpaksa ditembak karena sempat memberikan perlawanan saat akan ditangkap.

"Jadi dalang (pelaku utama) di balik ide pelarian dari Polsek Rumbai ini yakni tahanan inisial A. Dia menggali toilet tahanan yang langsung mengarah ke septic tank," ujar Jefri.

Jefri menjelaskan, pelaku A menggunakan piring melanin yang biasanya digunakan mereka untuk makan justru dimanfaatkan untuk menggali toilet sebagai jalan keluar. Para tahanan itu kabur pada Selasa (8/8) lalu sekitar pukul 23.00 WIB.

"Mereka melakukan rencana itu hanya dalam hitungan jam. Sementara yang merencanakan pelarian ini adalah A alias Ambon," kata Jefri. (mcr)

Berita Lainnya

Index