Basarnas Pekanbaru Bersiap Hadapi Nataru 2023-2024

Basarnas Pekanbaru Bersiap Hadapi Nataru 2023-2024

PEKANBARU — Menghadapi libur natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru), SAR Pekanbaru mencermati tingginya aktivitas masyarakat. Sehingga potensi terhadap situasi darurat, diperkirakan juga akan meningkat.

Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Budi Cahyadi mengatakan, tugas utama SAR, yakni memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama mereka beraktivitas saat Naratu 2023-2024, meskipun, hal seperti ini telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

Menurutnya, SAR Pekanbaru akan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi lonjakan penumpang arus mudik dan di destinasi wisata seperti Pulau Cinta, Danau Buatan, dan lokasi lainnya.

Selain itu, Budi menyoroti pentingnya pemakaian alat utama (alut) SAR dengan benar, kewaspadaan terhadap cuaca yang sulit diprediksi, serta perhatian terhadap kasus Covid-19.

 

“Kolaborasi dalam tim Basarnas dan membangun sinergi dengan stakeholder yang terlibat,” tuturnya saat Apel Siaga SAR Khusus Nataru, Senin, 18 Desember 2023, di halaman kantor SAR Pekanbaru.

Namun, kata dia, untuk memastikan kelancaran operasi siaga, Kantor SAR Pekanbaru menyiagakan berbagai alat utama seperti Rescue Carrier, Rescue Car, Rescue Truck, Truck Personil, Motor Trail, Beach Patrol, Rigid Inflatable Boat (RIB), Peralatan Medis, Peralatan Selam, Peralatan Ekstrikasi, dan Peralatan Urban SAR. Sebanyak 111 personil juga ditempatkan di Kantor SAR Pekanbaru dan beberapa pos SAR strategis lainnya.

Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 direncanakan berlangsung selama 14 hari, mulai dari 18 Desember 2022 hingga 7 Januari 2023. Langkah ini diambil sebagai komitmen Kantor SAR Pekanbaru dalam memberikan pelayanan terbaik dan menjaga keselamatan masyarakat selama liburan akhir tahun. (mcr)

Berita Lainnya

Index