3 Kabupaten dan 7 OPD Pemprov Riau Raih Penghargaan dari BPS, Cek Daftarnya

3 Kabupaten dan 7 OPD Pemprov Riau Raih Penghargaan dari BPS, Cek Daftarnya

PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau menggelar Forum Group Discussion (FGD) Standar Pelayanan Publik (SPP) tahun 2023. Pada acara ini BPS memberikan penghargaan penghargaan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) terbaik dan sertifikat penghargaan rekomendasi statistik.

FGD SPP 2023 dibuka oleh Sekretaris Utama BPS RI Atqo Mardiyanto, pada Jumat (22/12) di Pekanbaru, Riau. Ia menuturkan, dalam upaya melakukan pelayanan publik BPS harus bisa memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

"Salah satu hal di BPS yang menyentuh pelayanan dan bersentuhan langsung dengan stakeholder dan masyarakat ialah Pelayanan Statistik Terpadu atau PST," ujarnya.

Dijelaskan dia, dalam program PST ini, setiap BPS baik provinsi maupun kabupaten/kota di samping memberikan data. Menurutnya, harus mampu memberikan insight kebijakan.

"Dari data tersebut, kebijakan apa yang bisa diambil. Jika hanya data saja itu mudah. Saya berharap dari program PST ini memberikan konsultasi terkait data perstatistikan bisa dari masyarakat, akademisi, pemerintah daerah, juga pihak lainnya. Oleh sebab itu, dengan adanya pelayanan prima dari BPS melalui PST, kami sangat berharap hal ini mampu memberikan manfaat yang baik pada khalayak luas," tandasnya.

Sementara, Kepala BPS Provinsi Riau Asep Riyadi menyampaikan, bahwa BPS merupakan salah satu penyelenggara pelayanan publik yang berkewajiban menyusun dan menetapkan standar pelayanan di lingkungannya. Dia menjelaskan, hingga Desember 2023, BPS Provinsi Riau telah melakukan peningkatan layanan pada Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS dengan evaluasi.

"Evaluasi terhadap PST BPS Riau yang didapatkan ini sebanyak 98 persen. Pengunjung menilai sangat puas disertakan dengan workshop testimoni kalimat dan kata-kata yang membangun seperti pelayanan sangat bagus, bagus, mantap pertahanan dan lainnya," jelasnya.

Dia berharap dengan diselenggarakannya FGD ini, pemuktahiran data pelayanan publik dapat berjalan dengan baik. "Melalui FGD ini kami berharap dapat diperoleh masukan dan saran untuk perbaikan terhadap layanan publik di BPS Riau," harap Asep.

Berikut daftar Kabupaten penerima penghargaan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) terbaik :

1. Kabupaten Rokan Hilir

2. Kabupaten Kampar

3. Kabupaten Kuantan Singingi

Daftar 7 OPD Pemprov Riau penerima sertifikat penghargaan rekomendasi statistik :

1. Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Dukcapil Provinsi Riau

2. Dinas Perhubungan Provinsi Riau

3. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau

4. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

5. Dinas Perkebunan Provinsi Riau

6. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau

7. Dinas PUPR Provinsi Riau.

(mcr)

Berita Lainnya

Index