Upaya Riau Tingkatkan Akses Keuangan Daerah ke Masyarakat

Upaya Riau Tingkatkan Akses Keuangan Daerah ke Masyarakat
Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan

PEKANBARU - Kemiskinan, kesenjangan, ketersediaan infrastruktur keuangan serta kesadaran masyarakat menjadi tantangan dalam meningkatkan akses keuangan di daerah. Hal ini disampaikan Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan, di Pekanbaru, Rabu (17/1).

Ia menjelaskan, kemiskinan dan kesenjangan merupakan satu di antara tantangan utama dalam meningkatkan akses keuangan di daerah. Masyarakat yang miskin dan tertinggal secara ekonomi sering kali memiliki keterbatasan akses terhadap layanan keuangan.

"Ketersediaan infrastruktur keuangan juga menjadi salah satu tantangannya. Sebab, masih banyak daerah yang belum memiliki infrastruktur keuangan yang memadai seperti kantor cabang lembaga keuangan atau ATM," kata M Job saat memberikan keynote speech pada workshop TPAKD Kabupaten Kota se-Riau, di Aula Lantai 3 Kantor OJK Riau.

Lalu, kata dia, kesadaran masyarakat tentang pentingnya keuangan juga masih menjadi tantangan.

"Masih banyak masyarakat kita yang belum memahami pentingnya keuangan sehingga mereka belum memanfaatkan layanan keuangan secara optimal," ujarnya.

Melihat tantangan tersebut, menurutnya kerja sama antara berbagai unsur pemerintah dan lembaga terkait, termasuk masyarakat menjadi aspek penting dalam meningkatkan akses keuangan di daerah.

"Dalam hal ini, pemerintah daerah perlu memberikan dukungan kebijakan dan regulasi yang kondusif untuk pengembangan akses keuangan di daerah, subsidi atau intensif bagi lembaga keuangan untuk membuka kantor cabang di daerah," ungkap Job.

Sementara itu, lembaga keuangan juga perlu mengembangkan produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah, melakukan edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat.

"Sedangkan untuk masyarakat itu sendiri, perlu meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keuangan serta perlu memahami produk dan layanan keuangan," sebutnya.

Sebab, akses keuangan merupakan hal yang penting bagi masyarakat, karena dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan kesejahteraan di daerah.

Akses keuangan dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar, seperti pendidikan, kesehatan dan perumahan, serta dapat membantu masyarakat untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya.

"Akses yang lebih mudah terhadap layanan keuangan tentunya akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kita kedepannya," tandas Job. (mcr)

Berita Lainnya

Index