151 Personel Polres Kepulauan Meranti Dapat Bimtek Pengamanan Pemilu 2024

151 Personel Polres Kepulauan Meranti Dapat Bimtek Pengamanan Pemilu 2024

MERANTI - Polres Kepulauan Meranti menggelar Bimtek pengamanan PPS dan PPK yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Kurnia Setyawan, SH, SIK yang turut dihadiri perwakilan Bawaslu Dede Kurniawan, Kabag Ops Kompol Yudi Setyawan, dan para PJU Polres Kepulauan Meranti, Sabtu (3/2/2024).

Dalam arahannya, Kapolres Kepulauan Meranti menyampaikan H-3 menuju pemungutan suara, pasukan Brimob BKO Polda Riau sudah berada di Polres Kepulauan Meranti, siap mengamankan jalannya proses demokrasi.

 

Lebih lanjut arahan dari Kapolres turut menggarisbawahi masalah distribusi surat suara yang perlu diantisipasi.

"Hal ini mencakup langkah-langkah antisipasi terhadap rawan cuaca dan gangguan keamanan. Keamanan dan kelancaran distribusi surat suara menjadi prioritas utama untuk memastikan proses pemilihan berjalan lancar dan adil," tegas Kapolres AKBP Kurnia Setyawan, SH, SIK.

 

Tidak hanya fokus pada aspek keamanan, Kapolres juga memberikan arahan untuk menjaga kesehatan, termasuk memberikan waktu luang untuk berolahraga.

"Ini menunjukkan perhatian terhadap kesejahteraan anggota pasukan yang bertugas, sekaligus mengoptimalkan kinerja mereka dalam menjalankan tugas pemilu," katanya.

Arahan lain yang ditekankan adalah antisipasi terhadap potensi pelepasan surat suara melalui jalur darat dan laut.

"Langkah-langkah ketat diterapkan untuk meminimalisir risiko pergeseran surat suara yang dapat mempengaruhi integritas pemilihan," katanya.

 

Pentingnya Ketertiban di Tempat Pemungutan Suara

Pengamanan TPS menjadi bagian krusial dalam menjaga ketertiban di tempat pemungutan suara. Dengan tegas, arahan diberikan agar anggota Pam TPS tidak diperkenankan membawa senjata api.

"Langkah ini diambil guna mencegah potensi konflik dan memastikan keamanan di lingkungan sekitar TPS," tegasnya.

 

Lebih lanjut Kapolres memberi peringatan keras terkait anggaran Pemilu OMB.

"Anggaran tidak boleh dimanfaatkan secara sembarangan dan harus digunakan sesuai ketentuan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana pemilu," pungkas Kapolres.

Untuk diketahui, wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti berjumlah 9 Kecamatan dengan jumlah 677 TPS, dimana akan dijaga oleh 151 personel Polres dan 41 personel BKO Polda Riau. (rls)

Berita Lainnya

Index