Plt Bupati Asmar Ikuti Panen Raya Padi di Desa Sendaur

Plt Bupati Asmar Ikuti Panen Raya Padi di Desa Sendaur

MERANTI - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar mengikuti panen raya padi di Desa Sendaur Kecamatan Rangsang Pesisir, Minggu (4/02/2024).

 

Asmar memastikan pemerintah daerah akan terus membantu, baik secara langsung maupun sebagai fasilitator agar pertanian di Kabupaten Kepulauan Meranti bisa terus meningkat.

“Hal ini sudah terwujud dengan adanya berbagai bantuan yang telah disediakan oleh pemerintah daerah kepada petani,” kata Asmar.

 

Dia yakin dan percaya dengan kesungguhan, kekompakan dan kebersamaan yang dibangun para petani, akan mampu memaksimalkan produksi padi.

“Insyaallah kedepannya Kabupaten Kepulauan Meranti bisa mengurangi kebutuhan beras dari luar,” ujarnya.

 

Asmar juga mengharapkan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kepulauan Meranti terus menggenjot peningkatan kualitas panen, dari sekali panen menjadi 2 kali panen dalam setahun.

“Perhatikan segala aspeknya terutama tanggul, harus dikoordinasikan dengan pemerintah provinsi,” tegas Asmar.

 

Kepala DKPP Kepulauan Meranti Ifwandi melaporkan, potensi luasan sawah padi yang ada di Desa Sendaur mencapai 250 hektar, dengan rasio 1 hektar 4 ton produksi.

“Panen raya kali ini terdapat 15 hektar yang kita panen untuk penangkar bibit. Nantinya Meranti bisa berpeluang besar untuk menyuplai bibit ke kabupaten/kota di Provinsi Riau,” ujarnya.

Ifwandi juga mengatakan pada tahun 2024, Meranti akan mendapatkan optimalisasi lahan dari pusat seluas 790 hektar.

“Juga bantuan beras dari pemerintah pusat melalui Bappenas sebanyak 2000 ton,” sebutnya.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Sendaur Syafrizal mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah daerah atas bantuan dan dukungan yang diberikan kepada desanya.

“Kami siap bersama-sama membangun pertanian di Desa Sendaur,” ucapnya.

Turut mendampingi Plt Bupati Asmar, jajaran Forkopimda Kepulauan Meranti, Anggota DPRD Kepulauan Meranti Sopandi, para Asisten Setda, dan kepala OPD, pejabat serta tamu undangan lainnya. (Prokopim)

Berita Lainnya

Index