Ini yang Disiapkan RSJ Tampan untuk Tangani Pasien Caleg

Ini yang Disiapkan RSJ Tampan untuk Tangani Pasien Caleg

PEKANBARU — Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Zainal Arfin memastikan pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam upaya penanganan terhadap Caleg stres gagal Pemilu.

“Sampai saat ini belum ada (Caleg stres masuk ke RSJ Tampan),” katanya, di Pekanbaru, Jumat, 1 Maret 2024.

Zainal meluruskan, bahwa upaya penanganan yang dilakukan RSJ Tampan terhadap para Caleg stres itu lebih kepada penanganan secara psikologis. Fokusnya, menekan dampak depresi berlebihan yang dialami korban.

Secara teknis, kata Zainal, RSJ Tampan telah menyiapkan poli klinik khusus lengkap dengan tenaga medisnya. Termasuk dokter yang bisa melakukan penanganan di RSJ, dan panggilan (on call).

“Khusus untuk dokter on call kita ada sembilan sekarang, satu spesialis kedokteran jiwa. Sebelumnya cuma delapan,” tuturnya.

Zainal menegaskan, bahwa pihaknya tidak bisa melakukan penanganan secara door to door. Dengan kata lain, pihak keluarga disarankan agar dapat menghubungi pihak RSJ Tampan jika membutuhkan penanganan terhadap keluarga mereka yang stres karena gagal Caleg.

Dia mengakui tak mengetahui pasti apakah RSJ Tampan pernah tangani Caleg tres di Pemilu sebelumnya. “Saya belum tahu. Kalo dari arsip kayanya belum ada lah,” jelasnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index