Rakor Persiapan Libur Idul Fitri

Kapolda Riau : Operator dan Pemilik Kapal Jangan Hanya Kejar Untung, Utamakan Keselamatan

Kapolda Riau : Operator dan Pemilik Kapal Jangan Hanya Kejar Untung, Utamakan Keselamatan
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal saat Rakor bersama Pemprov Riau (Raja Adil Siregar/detikSumut)

PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH mewanti wanti para operator dan pemilik angkutan umum lebaran untuk tidak hanya mengejar untung, namun lebih mengutamakan keselamatan.

Hal itu disampaikan Irjen Pol M Iqbal saat Rakor Lintas Sektoral Persiapan Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Kapolda secara tegas meminta personel Kepolisian dan pihak terkait lainnya menyikapi dengan serius khususnya di wilayah perairan.

Kapolda juga mengancam akan mencopot Kabag Ops dan Kasat Polair apabila ada kecelakaan.

"Kasatpolair, Kabag Ops kalau ada kecelakaan laut saya ganti. Ini saya ingatkan betul, tracing betul sejak dini kalau ada lagi yang menonjol saya copot," kata Iqbal, Kamis (28/3).

Ultimatum tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, pada arus balik 2023 lalu terjadi kecelakaan kapal SV Evelyn Calisca di Indragiri Hilir.

Kecelakaan terjadi pada 27 April setelah kapal berangkat dari Tembilahan, Indragiri Hilir menuju Tanjung Pinang di Kepulauan Riau. Saat kecelakaan, kapal nahas itu mengangkut sebanyak 79 orang dan 11 di antaranya tewas.

Mendapat kabar kecelakaan, Irjen Iqbal langsung berangkat ke lokasi. Bahkan, ia menyaksikan langsung proses evakuasi para korban.

"Tahun lalu kejadian, saya tidak mau ada lagi. Saya warning kepada semua operator dan pemilik kapal lain juga jangan hanya memanfaatkan keuntungan semata dan yang harus dikedepankan adalah keselamatan," kata Iqbal.

Untuk itu, Iqbal minta semua personel di jajaran terus koordinasi dan kolaborasi dengan semua pihak. Termasuk instansi terkait untuk keselamatan bersama saat arus mudik dan balik hari raya Idul Fitri tahun 2024. (*)

Berita Lainnya

Index