Bupati Meranti Ramah Tamah Bersama Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau

Bupati Meranti Ramah Tamah Bersama Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau
Bupati Kepulauan Meranti dan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau saling bertukar cinderamata

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Bupati Kepulauan Meranti, Drs. Irwan M.Si melakukan ramah tamah dengan Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau, Muhammad Diah, SH, MH, bertempat di Aula Afifa Sport, Ahad malam 13 Mei 2018.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Fauzi Hasan, perwakilan Polres, Kakan Kemenag Meranti Darwison, S.Ag, Kakan Imigrasi Meranti Darmanto, para pejabat eselon dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Tokoh Masyarakat dan unsur lainnya.

Mengawali pidatonya, Bupati Irwan memberikan ucapan selamat kepada M. Diah, SH, MH, anak jati Kepulauan Meranti sebagai Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau yang baru, ia berharap keberhasilan M. Diah dapat menjadi motivasi bagi putra putri Meranti dalam mengejar sukses.

"Sebagai masyarakat Meranti kami bangga kepada bapak M. Diah, putra asli Pulau Rangsang, ini merupakan capaian yang luar biasa semoga dapat menjadi motivasi kepada putra putri Riau khususnya anak jati Meranti," ujar Bupati.

Pada kesempatan itu banyak harapan yang disampaikan Bupati kepada Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau dan jajaran, begitu juga janji dukungan Pemda Meranti kepada institusi tersebut dalam rangka peningkatan pelayanan publik.

"Jika diminta kami siap memberikan dukungan konkrit kepada Kemkum HAM Riau, baik dalam hal peningkatan pelayanan keimigrasian maupun pelayanan warga binaan di Lapas," ujar Bupati.

Bantuan yang siap diberikan Pemda Kepulauan Meranti kepada Kemenkum HAM Riau, khususnya Pemda Kepulauan Meranti mengupayakan dukungan lahan yang secepatnya dapat direalisasikan oleh OPD terkait.

"Kapanpun kami siap, jika diminta dukungan lahan secepat mungkin akan direalisasikan," ucap Bupati Irwan lagi.

Dukungan terhadap Kemenkum HAM ditegaskan Bupati layak diberikan karena begitu besarnya pelayanan yang telah diberikan Kantor Imigrasi Selatpanjang dibawah kepemimpinan Darmanto kepada warga Meranti yang dinilai Bupati dari hari kehari semakin baik.

"Masyarakat sangat terbantu atas pelayanan Kantor Imigrasi yang semakin membaik, jika dinilai kualitas sudah sama dengan bintang lima semoga bisa dipertahankan dan ditingkatkan, kami siap memberikan dikungan," tegas Bupati.

Hal yang sama juga disampaikan Bupati dalam rangka memberikan dukungan terhadap warga binaan di lapas kelas B Selatpanjang yang sangat membutuhkan fasilitas buang air atau MCK.

"Saya minta kepada Dinas PU untuk dapat merealisasikan bantuan yang mendesak ini karena menyangkut hajat hidup orang banyak, hajat hidup sebagai manusia yang perlu mendapat perhatian bersama," pungkasnya.

Akhir kata, Bupati berharap dibawah kepemimpinan M. Diah sebagai Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau yang baru dapat kinerja institusi yang mengurus masalah hukum dan HAM itu semakin baik dimasa yang akan datang.

Menyikapi berbagai dukungan yang akan diberikan Pemkab Kepulauan Meranti kepada institusi yang dipimpinya dibidang Keimigrasian dan Lapas, Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau M. Diah, mengucapkan terima kasih.

"Saya bersyukur atas dukungan penuh Pemkab Kepulauan Meranti kepada kami," ucap M. Diah.

Menurutnya, dalam meningkatkan pelayanan, jajaran Kemenkum HAM Riau sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak, mulai dari Pemda maupun para tokoh masyarakat Kepulauan Meranti.

"Semoga kami dapat meningkatkan pelayanan dan tingkat kesejahteraan masyarakat, dan ini butuh dukungan dari semua pihak khususnya jajaran Pemerintah Daerah," jelas M. Diah.

Untuk itu tak lupa M. Diah meminta sumbang saran serta tenaga dari semua pihak dalam membangun Riau khususnya negeri Sagu ini.

Dikatakan anak nelayan asal Pulau Rangsang itu, untuk tahap awal pihaknya akan melakukan kerjasama di bidang kekayaan intelektual dalam rangka mendorong semua produk yang dihasilkan petani berupa padi dan lainnya, serta kerajinan memiliki hak cipta.

"Dibidang Kekayaan Intelektual kami akan mendorong semua produk maupun kerajinannya memiliki hak cipta, apakah di bidang geografis, merek paten dan sebagainya, ini kami lakukan dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," jelasnya.

Pada kesempatan yang berbahagia itu, M. Diah juga bercerita tentang pengalamannya di Kampung dan saat bersekolah di Selatpanjang dan perjalanan kariernya hingga menjabat Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau.

"Dulu kampung halaman saya jalannya banyak yang rusak kini sejak pemekaran di bawah kepemimpinan Bupati Irwan sudah semakin baik," akunya.

Kemudian M. Diah bercerita tentang perjuangan mencari kerja di tahun 80, dan bekerja pertama kali di Dirjen Imigrasi, dalam perjalanan kariernya M. Diah mengaku pernah bekerja di Imigrasi Selatpanjang Tahun 1987, pernah bertugas di Kedutaan Indonesia untuk Malaysia untuk menuntaskan masalah TKI, selanjutnya bertugas di Timika Papua, Kemenkum HAM Pusat, Kanwil Kemenkum HAM Sumut, Kadiv Imigrasi Kalimantan Timur, dan lainnya dan kini menjabat sebagai Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau.

Terakhir, acara silahturahim dan ramah tamah tersebut ditutup dengan tukaran cinderamata antara Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan M,Si dan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau M. Diah. (rls/san)

Berita Lainnya

Index