Diskes Kampar Gelar Rapat Pemantapan Kegiatan HKN Ke-54

Dibaca: 605 kali  Kamis,01 November 2018 | 01:48:00 WIB

Diskes Kampar Gelar Rapat Pemantapan Kegiatan HKN Ke-54
Ket Foto : Rapat Pemantapan Kegiatan HKN Ke-54 di Kabupaten Kampar

KAMPAR - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-54 Tahun 2018, Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar menggelar rapat pemantapan, Rabu 31 Oktober 2018 kemarin.
 
Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tahunnya tanggal 12 November dengan fokus pada kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang selaras dengan tema HKN yaitu "Aku Cinta Sehat" dan "Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita".
 
Rapat pemantapan HKN ini di pimpin Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dwi Andriani, SKM, M.Kes selaku Ketua Harian Panitia HKN Tahun 2018 tingkat Kabupaten Kampar. Rapat tersebut dihadiri organisasi profesi kesehatan daerah di Kabupaten Kampar.
 
"Diantaranya dari IDI Kampar hadir dr. Nuraisyah, M.Kes, PDGI Kampar drg. Rita Herawati, PPNI Kampar Ns. Feby Harly, S.Kep, IBI Kampar Susi Suryani, Persagi Kampar Afni, S.Gz, M.KM, IAKMI Kampar Essy Desmita, SKM," ungkap Dwi Andriani mewakili Kadiskes Kampar, Nurbit.
 
Dalam rapat tersebut memutuskan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada HKN Tahun 2018 di Kabupaten Kampar, diantaranya Pelantikan Saka Bakti Husada (SBH) dan Senam Cerdik yang dilaksanakan pada 9 November 2018.
 
Kemudian Car Free Day (CFD) yang dilaksanakan pada hari Minggu 11 November 2018 dengan kegiatan Senam Sehat yang akan diikuti oleh seluruh masyarakat, OPD serta organisasi profesi kesehatan daerah di Kabupaten Kampar.
 
Masih dalam rangka HKN juga dilaksanakan Pemeriksanaan kesehatan gratis (Posbindu PTM) dan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar. Pameran atau Bazar Kesehatan yang diselenggarakan oleh Organisasi Profesi Kesehatan Daerah di Kabupaten Kampar.
 
Kemudian PGDI melaksanakan Pemeriksaan gigi dan Talk show, IBI pemeriksaan anemia ibu hamil, Persagi menggelar Konseling gizi dan pemeriksaan status gizi, PPNI melakukan pemeriksaan kesehatan, IAKMI menggelar Sosialisasi STR Kesehatan Masyarakat.
 
Selain itu, IAI dan Seksi Farmakmin Dinkes Kabupaten Kampar menggelar Sosialisasi Gema Cermat Penggunaan Obat, serta dilaksanakan donor darah oleh PMI Kabupaten Kampar.
 
Dwi juga menjelaskan, masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa dengan memerlukan keterlibatan aktif seluruh komponen bangsa yang mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat.
 
Untuk itu diharapkan melalui peringatan kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2018 ini dapat dimanfaatkan untuk menyosialisasikan seluas-luasnya kebiasaan Hidup Sehat agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya". jelasnya. (bakar)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com