Plh Bupati Kampar: Tegakkan Adat Berjalanlah Dengan Benar

Dibaca: 84 kali  Sabtu,13 Juli 2019 | 06:28:00 WIB

Plh Bupati Kampar: Tegakkan Adat Berjalanlah Dengan Benar
Ket Foto : Plh Bupati Kampar bersama para tokoh adat

KAMPAR - Di zaman sekarang ini rasa saling menghormati sudah mulai berkurang, saling menghormati kepada orang tua apalagi ninik mamak sudah jauh panggang dari api. Untuk itu para Ninik Mamak diharapkan bisa berjalan dengan baik apabila ingin dihormati anak kemanakan.
 
Hal tersebut disampaikan Plh Bupati Kampar, Drs Yusri, M.Si usai melantik pengurus Forum mago dan penobatan Ninik Mamak Sinagho kenegarian Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar, Kamis (11/7/19) lalu.
 
Untuk diketahui, Ninik Mamak Sinagho yang dinobatkan pada kesempatan tersebut kociok banamo Muhammad Hendri gedang bagolau Datuok Sinagjo. Sementara Ketua Forum Silaturahmi Melayu Mamak dan Batigo (Forsimmago) periode 2019-2024 yang dikukuhkan adalah Henfra Yunal.
 
Dalam sambutannya Yusri yang juga merupakan Dt Bandar Mudo, sekali lagi mengingatkan kepada Ninik Mamak untuk selalu bisa menegakkan adat, berbicaralah dengan benar dan berjalan yang lurus, dengan demikian anak kemanakan pasti menghargai dan mehormati para ninik mamaknya.
 
Sedikit berbicara sejarah, Dt Yusri menjelaskan bahwa Yusri sendiri meniti awal karir di Kelurahan Batu bersurat, karena awal karirnya menjabat sebagai Lurah Batu Bersurat.
 
"Selama jadi lurah tidak ada rumah yang tidak saya masuk serta makan nasinya, Jadi sekarang ini saya sukses mungkin berkah dari nasi masyarakat Batu Bersurat," kata Yusri. (bakar)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com