20 Tahun Kabupaten Rokan Hilir Semakin Banyak Kemajuan

Dibaca: 96 kali  Rabu,06 November 2019 | 04:06:00 WIB

20 Tahun Kabupaten Rokan Hilir Semakin Banyak Kemajuan
Ket Foto : Bupati Rokan Hilir, H Suyatno, saat menyampaikan sambutannya. Foto Amran

ROKAN HILIR – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar Upacara Hari Jadi Kabupaten Rohil ke 20 Tahun 2019, Jum’at, 4 Oktober 2019 lalu, di Taman Budaya, kawasan pusat pemerintahan Pemkab Rohil di Batu Enam.
 
Bagian Humas Setdakab Rohil, Rabu 6 November 2019 menjelaskan, Upacara Hari Jadi Kabupaten Rohil ke 20 Tahun 2019, dipimpin Bupati Rohil H Suyatno. Sementara Ketua DPRD Rohil Maston membacakan sejarah dan kilas balik perjuangan pembentukan Kabupaten Rohil.
 
Bupati Rohil H Suyatno mengatakan, 20 tahun sejak Rohil terbentuk dan terpisah dari Kabupaten Bengkalis, yang merupakan kabupaten induk, dari kabupaten dan kota di Riau, menyebutkan sudah banyak terjadi kemajuan dan perubahan.
 
"Banyak sekali kemajuan pembangunan yang telah kita raih. Prestasi-prestasi membanggakan sejak Kabupaten Rohil terbentuk menjadi kabupaten otonom, terpisah dari Kabupaten Bengkalis," kata Bupati Rohil H Suyatno.
 
Disebutkan Bupati Suyatno, berbagai kemajuan dan pembangunan yang telah dicapai. Antara lain, jelasnya, pembangunan jalan dari Ujung Tanjung ke Bagansiapiapi sudah sangat baik dibanding sebelumnya.
 
Begitu juga dengan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan juga sudah semakin banyak sekolah-sekolah yang dibangun dengan gedung permanen.
 
Selain itu pembangunan berbagai sarana pemerintahan, saat ini sudah ada kawasan kusus komplek pemerintahan Pemkab Rohil di Batu Enam.
 
Bupati H Suyatno menyerahkan sertifikat dan tropi kepada Kadis LH Rohil H Suwandi, sebagai Juara I Lomba Kantor Terbersih 2019. Foto Amran
 
Begitu juga dengan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan juga sudah semakin banyak sekolah-sekolah.
 
Kabupaten Rohil yang semula lima kecamatan juga semakin berkembang, dengan saat ini menjadi 18 kecamatan.
 
Begitu juga dengan jumlah kepenghuluan dan kelurahan juga semakin berkembang, dengan kecamatan, 25 kelurahan dan 159 desa.
 
"Sekarang ini semua kecamatan di Rohil juga sudah dibangun Puskesmas. Sudah ada puskesmasnya di masing-masing kecamatan. Pelayanan kesehatan juga sudah sampai ke pelosok kepenghuluan. Masyarakat sekarang semakin mudah memperoleh pelayanan kesehatan," jelasnya.
 
Usai upacara, Bupati Rohil H Suyatno menyerahkan penghargaan kepada para tokoh dan yang mewakkili keluarga pejuang pembentukan Kabupaten Rohil.
 
Para pejuang dan keluarga pejuang Pembentukan Kabupaten Rohil tersebut diantaranya H Rusli Effendy, Yusrizal, Abdul Rahman Yani, Rasyid Abizar, Fadlah Sulaiman, Wan Muchtar Noor, Dra Hayati Tatoe, H Azan, Jaafar Kh Rasyid, Masyhur, H Marzuki AR, Haryato SPd, Hendri SE, Syafri Yunan, Lukman Jamil, Aswin SE, Edi Subroto dan H Saipul Anwar.
 
Penyerahan penghargaan dilakukan langsung Bupati Rohil H Suyatno. Tidak semua pejuang yang datang langsung menerima penghargaan tersebut. Beberapa diwakilkan sanak keluarga, disebabkan sakit dan sudah tiada.
 
Bupati Rohil H Suyatno, Dandim Rohil Letkol Agung Rachman Wahyudi, Ketua DPRD Maston, mantan Gubri H Wan Thamrin Hasyim, Wabup H Jamiludin, dan Ustaz Das'ad Latif di acara dalam rangka Hari Jadi Rohil ke 20 Tahun 2019. Foto Amran
 
Selain memberikan penghargaan kepada para pejuang pembentukan Kabupaten Rohil, Bupati H Suyatno, juga memberikan penghargaan kepada Camat teladan se Rohil.
 
Ada pun Camat Terbaik se Rohil Tahun 2019 dalam rangka Hari Jadi ini, adalah Camat Pekaitan H Taryono, Camat Sinaboi Tengku M Hasyim S.Sos, dan Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Robi Kurniawan S.STP.
 
"Ini sebagai motivasi kepada para camat agar semakin baik dalam melaksanakan kerja," terang Bupati H Suyatno, yang pernah menjabat sebagai Camat Bagan Sinembah.
 
Selain itu, Bupati H Suyatno juga menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Kantor Terbersih 2019, dengan Juara I Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Juara II Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohil, Juara III Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Juara Harapan I Kantor Disdikbud Rohil, Juara Harapan II Kantor BPS Rohil, dan Juara Harapan III Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar.
 
Setelah itu dilakukan pendistribusian dan pendayagunaan Amil Zakat Rohil, yang secara simbolis juga diserahkan Bupati Rohil H Suyatno, dan pengurus Baznas Rohil.
 
Bantuan dari Baznas tersebut terdiri dari Bantuan Produktif Rp80 juta untuk 32 orang, bantuan pengobatan Rp15 juta untuk 15 orang, bantuan beasiswa Rp20 juta untuk 10 orang, bantuan untuk pembinaan 5 orang mualaf Rp13 juta, bantuan konsumtif untuk 34 orang Rp6,6 juta, dan bantuan sembako untuk 100 orang Rp20 juta. (adv rohil/amran)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com