Inspektorat Rokan Hilir Akan Lakukan Audit

Dibaca: 1458 kali  Sabtu,03 Februari 2018 | 09:23:00 WIB

Inspektorat Rokan Hilir Akan Lakukan Audit
Ket Foto : ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Inspektorat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam waktu dekat akan melakukan audit ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Rohil, mulai dari Sekretariat Daerah, Dinas, Badan dan Kantor, serta Kecamatan dan Kepenghuluan.

Audit itu merupakan kegiatan tahunan. "Jadwalnya sedang kita susun. Dijadwalkan minggu depan kita mulai," kata Inspektur Kabupaten Rohil HM Nurhidayat, kemarin di Kompleks Pusat Pemerintahan Pemkab Rohil (KP3R) di Bagan Centre.

Mantan Camat Bangko itu mengatakan, ada tiga hal pokok yang akan jadi pemeriksaan. "Yang utama kita periksa terutama keuangan," jelas Nurhidayat.

Sementara itu audit penggunaan anggaran di tingkat Kepenghuluan, seperti penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), juga akan dilakukan audit.

"Sudah ada Memorandum of Understanding (MoU) kita dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI kemarin, mengenai pelaksanaan audit di Kepenghuluan dilaksanakan Inspektorat. Sebab tidak mungkin KPK RI yang datang ke Desa. Tidak mungkin ke semua desa KPK RI turun," ujar Nurhidayat.

Pemeriksaan ke Desa atau Kepenghuluan yang akan dilakukan itu, ujar Nurhidayat, bukan audit berdasarkan laporan. "Kalau audit berdasarkan laporan itu tersendiri lagi. Itu pemeriksaan khusus," jelasnya.

Dikatakannya, tujuan audit yang akan dilakukan guna menciptakan pemerintahan yang bersih dan jangan terjadi kerugian negara.

"Tujuan akhir seperti itu. Menciptakan pemerintahan yang bersih. Kita juga sudah lakukan MoU dengan Kejaksaan dan Kepolisian, dimana temuan-temuan yang sifatnya administrasi dikembalikan (diserahkan) ke Inspektorat," jelas Nurhidayat. (AMN)

Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com