Pakar Fisika AS Puji Bola Piala Dunia 2022 Buatan Indonesia

Ahad, 27 November 2022 | 23:46:19 WIB
Al Rihla, Bola Piala Dunia 2022 yang dipuji pakar fisika AS dan ternyata buatan Madiun. (Foto: Michael Regan/FIFA/Getty Images)

SURABAYA - Sebuah studi oleh pakar fisika AS menilai bahwa bola Piala Dunia 2022 berjuluk Al Rihla memiliki sisi aerodinamika terbaik. Menjadi kebanggaan bagi Indonesia, bola yang dipuji-puji fisikawan AS itu ternyata buatan Madiun, Jawa Timur.

Studi terhadap bola Al Rihla itu dilakukan oleh John Eric Goff, seorang profesor fisika di University of Lynchburg yang mempelajari fisika olahraga. Dia menulis analisisnya di The Conversation.

Sebagai bagian dari penelitiannya, setiap perhelatan Piala Dunia, Goff melakukan analisis terhadap bola terbaru. Goff menyebut bahwa bola 'made in Madiun' itu memiliki desain yang sangat baik sehingga memiliki aerodinamika tinggi.?

"Di antara tembakan ke gawang, tendangan bebas, dan operan panjang, banyak momen penting dalam pertandingan sepak bola terjadi saat bola berada di udara," ujar Goff dikutip detikEdu dari The Conversation, Minggu (27/11/2022).

Menurut Goff salah satu karakteristik terpenting sebuah bola sepak yakni bagaimana bola tersebut bergerak saat berada di udara.

"Jadi salah satu karakteristik terpenting dari sebuah bola sepak adalah bagaimana ia bergerak di udara."

Bola Al Rihla yang dibuat di Madiun adalah bola resmi ke-14 yang diciptakan untuk Piala Dunia Qatar 2022. Dalam bahasa Arab, Al Rihla berarti 'perjalanan'.

Al Rihla memiliki keunggulan karena diklaim sebagai bola tercepat dan paling akurat dibandingkan dengan bola resmi Piala Dunia yang pernah ada sebelumnya.

Bola ini punya desain panel terinspirasi dari Dhow Boat tradisional dan memiliki pola solid berwarna biru, merah, dan kuning mewakili lanskap di Doha, Qatar.

Selain itu, Al Rihla adalah bola Piala Dunia pertama yang dibuat secara eksklusif dengan tinta dan lem berbahan dasar air.

Keberadaan Al Rihla di Piala Dunia 2022 menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia, khususnya Cah Madiun, meski Timnas Indonesia tidak menjadi peserta ajang terbesar sepak bola dunia itu.

Mengutip laman Kementerian Luar Negeri (Kemenlu RI), bola resmi Piala Dunia 2022 di Qatar yang diproduksi di Madiun bernama Al Rihla.

Merk produk olahraga ternama di dunia yakni Adidas mempercayakan Global Way Indonesia untuk memproduksi bola itu.

Perusahaan ini telah mengekspor bolanya ke Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan Brasil.

Melalui ekspor bola-bola tersebut, masyarakat Jawa Timur telah menjadi bagian dari resonansi ekonomi dunia. (*)

Terkini