Plt Bupati Asmar : TNI/Polri dan ASN Harus Jaga Netralitas

Senin, 18 September 2023 | 16:15:49 WIB

MERANTI - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar menghadiri Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Ballroom Grand Meranti Hotel Selatpanjang, Senin (18/9/2023).

Asmar mengatakan Deklarasi Damai memiliki makna penting sebagai bagian dari tahapan pemilu legislatif, pemilu Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan pemilihan presiden pada tahun 2024.

"Sebagai komitmen kita semua untuk menjaga pemilu 2024 agar tetap damai dan kondusif. Terlebih sebentar lagi akan memasuki masa kampanye dan diharapkan dapat berjalan baik," harapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan empat kunci sukses yang menjadi faktor utama dalam pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024. Pertama, faktor penyelenggara pemilu yang dalam hal ini KPU dan Bawaslu.

"Sangat penting untuk menjaga integritas yang adil, objektif dan profesional," sebutnya.

Faktor kedua, yaitu peserta pemilu yang terdiri dari partai politik bersama para calon legislatif. Peserta pemilu dituntut memiliki integritas, patuh dan taat terhadap regulasi yang ada, serta tidak memantik politik sara.

Selanjutnya aktor ketiga adalah masyarakat atau pemilih yang juga harus memiliki integritas, dan menggunakan hak pilih dengan penuh tanggung jawab. Sedangkan faktor keempat yakni stakeholder terkait, seperti TNI/Polri dan aparatur sipil negara (ASN) yang harus menjaga netralitas.

"Untuk itu saya berharap kepada semua pihak untuk menjaga marwah pemilu dan seluruh proses tahapan kegiatan Pemilu ini dengan bertanggung jawab untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kondusifitas lingkungan," pinta Asmar.

Sebelumnya, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG, menjelaskan bahwa Pemilu merupakan mekanisme penyaluran pendapat dan hak asasi rakyat secara berkala dalam sistem demokrasi.

"Sejak tahun 1945, Indonesia telah melaksanakan Pemilu sebanyak 12 kali, dan Pemilu tahun ini akan menjadi Pemilu yang ke-13 di Indonesia," ujarnya.

Kegiatan itu juga diisi pembacaan Deklarasi Pemilu Damai yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syafrizal dan diikuti seluruh pimpinan Parpol. Setelahnya dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu tahun 2024.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, unsur Forkopimda Kabupaten Kepulauan Meranti, pimpinan OPD terkait, anggota KPU Kepulauan Meranti, dan anggota Bawaslu Kepulauan Meranti, camat se- Kabupaten Kepulauan Meranti, pimpinan Parpol, dan pejabat serta undangan lainnya. (Prokopim)

Terkini