UIR-UNISSA Brunei Darussalam Teken MoU Bidang Pendidikan

UIR-UNISSA Brunei Darussalam Teken MoU Bidang Pendidikan
Rektor UIR dan Rektor UNISSA meneken memory of understanding
BANDAR SERI BEGAWAN - Universitas Islam Riau bersama Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam sepakat bekerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Jalinan kerjasama disepakati kedua university dalam Majlis Penandatanganan Memorandum Persefahaman (MoU) di Kampus UNISSA Simpang 347 Jalan Pasar Bharu Gadpong BE1310 Bandar Seri Begawan, Sabtu siang (13/7/2019).
 
Sebelum kesepahaman, baik UIR maupun UNISSA, saling memberi pemahaman tentang aktivitas akademik dan perkembangan masing-masing universiti. Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL menyampaikan, pihaknya terus memperluas kerjasama international dengan universitas dari berbagai negara. Tak hanya dengan Malaysia termasuk juga Phillipina, Thailand, Korea Selatan, Chiba menyusul Libya.
 
 
Diantara kegiatan yang sedang dan terus dilakukan UIR menindak-lanjuti kesefahaman, kata Rektor, adalah visiting professor and fellow, students mobility, exchange lecturer, joint research dan lain-lain.
 
"Kerjasama UIR dengan UNISSA adalah yang pertama di Brunei Darussalam dan UNISSA menjadi satu-satunya partner Universitas Islam Riau di Brunai," ujar Syafrinaldi.
 
 
Agar MoU UIR-UNISSA tak hanya diatas kertas, Rektor Syafrinaldi menyampaikan, awal Agustus pihaknya mengirim 45 dosen dan pegawai UIR berkunjung ke UNISSA untuk melaksanakan kegiatan akademik di Universiti Islam Sultan Sharif Ali.
 
Rektor UNISSA Dr Haji Norarfan bin Haji Zainal demikian. Ia mengaku senang menerima kabar kedatangan delegasi UIR yang dipimpin Profesor Syafrinaldi. "Mudah-mudahan kedatangan Pak Rektor membawa berkah bagi UNISSA dan untuk Brunei Darussalam," kata Norarfan.
 
 
UNISSA merupakan satu beberapa universitas di Brunei Darussalam. Didirikan tahun 2007 jumlah mahasiswa UNISSA mencapai 1.300 orang. Sebanyak 10 persen diantaranya berasal dari luar negara. Menurut Rektor Norarfan, pihak kerajaan sedang membangun kampus baru di lahan seluas 320 hektar.
 
"Kami ingin UIR membantu UNISSA mengembangkan lahan seluas itu di bidang pertanian. Hendaknya kesefahaman yang telah ditanda-tangani, dapat diprioritaskan ke bidang pertanian di samping kegiatan-kegiatan lain. Misalnya visiting professor, students mobility dan lain-lain," ungkap Rektor Norarfan.
 
 
Usai saling memberi pemahaman, Rektor UIR dan Rektor UNISSA meneken memory of understanding. Kedua pihak sepakat, bahwa kerjasama untuk lima tahun itu dapat disegerakan realisasinya. Penanda-tanganan naskah kerjasama turut disaksikan oleh Sekretaris Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau Drs Sudarmo Hasan MA, Wakil Rektor III Ir Rosyadi, MSi, Dekan Fakultas Agama Islam Dr H Zulkifli Rusby dan Kepala Bagian Humas dan Protokoler Dr H Syafriadi, SH, MH.
 
Sementara dari UNISSA, Rektor didampingi Dr Arman bin Hj Asmad, Penolong Rektor, Hj Sammali bin Hj Adam, Pengarah Pusat Perhubungan Awam dan Antarbangsa, Hj Mohamad Saman bin Hj Mohamad Noh, Pemangku Timbalan Pendaftar Akademik, Dr Ghayuthy Abdul Manas, Pemangku Dekan Fakultu Ushuluddin dan Dr Hajjah Hanan bin Putin Dato Seri Maharaja Dato Paduka Seri Setia Dr Hj Abdul Aziz, Pemangku Dekan Fakulti Syariah dan Undang Undang. (rilis)

Berita Lainnya

Index