Jangan Sampai Pansel Capim KPK Salah Loloskan Orang

Dibaca: 617 kali  Senin,05 Agustus 2019 | 02:06:00 WIB

Jangan Sampai Pansel Capim KPK Salah Loloskan Orang
Ket Foto : Anggota Pansel KPK usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto Antara

JAKARTA - Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK akan mengumumkan hasil tes psikologi calon pimpinan KPK siang ini, Senin (5/8/2019). Mantan Ketua KPK, Abraham Samad, meminta Pansel jangan sampai salah meloloskan orang.
 
Menurut dia, Pansel seharusnya sudah mendapat gambaran siapa saja calon yang memenuhi standar karakter yang tepat untuk jadi Pimpinan KPK. Ia berharap pansel dapat objektif dengan meluluskan calon sesuai dengan hasil yang diperoleh para kandidat dalam tes.
 
"Ini menjadi penting untuk disikapi secara serius karena jangan sampai Pansel KPK salah meloloskan orang," kata Samad dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/8/2019) dilansir Kumparan.
 
Ia berharap Pansel tidak meloloskan orang yang tak punya integritas kuat atau hanya sekadar mencari pekerjaan semata. Sebab, hal itu berpotensi justru akan merugikan KPK ke depan.
 
"Kalau ini terjadi, yang diloloskan adalah orang-orang seperti yang disebutkan di atas maka ini menjadi ancaman serius terhadap perjuangan pemberantasan korupsi," kata Samad.
 
"Pada akhirnya dapat melemahkan dan merontokkan KPK itu sendiri yang pada ujungnya berakibat pada lumpuhnya agenda pemberantasan korupsi di Indonesia," lanjut Samad.
 
Mantan Ketua KPK, Busyro Muqoddas, mengungkapkan beberapa poin capim ideal menurutnya. Salah satunya ialah harus punya moralitas yang tinggi.
 
"Memiliki moralitas tinggi dengan bukti track record praktik di rumah, masyarakat, tetangga, dan kantor," ujar Busyro.
 
Selain itu, ia juga berharap capim KPK berlatar belakang aktivis pegiat antikorupsi. Serta, memiliki kompetensi akademis mumpuni dan kemampuan pengalaman dalam penegakan hukum pemberantasan korupsi.
 
"Berwatak independen tidak afiliatif dengan parpol dan bisnis," ucap Busyro.
 
"Siap dengan kemampuan loyalitas tinggi pada corporate value KPK dan integratif dengan pegawai KPK dan elemen masyarakat sipil," sambungnya.
 
Seleksi Capim KPK sudah memasuki tahap ketiga, yakni psikotes. Sebanyak 104 kandidat ikut tes tersebut. Pansel akan mengumumkan siapa saja yang lolos tahap psikotes pada hari ini. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com