Hari Ini Pansel Umumkan Capim KPK Lolos Seleksi Profile Assessment

Dibaca: 584 kali  Jumat,23 Agustus 2019 | 08:03:00 WIB

Hari Ini Pansel Umumkan Capim KPK Lolos Seleksi Profile Assessment
Ket Foto : Ketua Panitia Seleksi Capim KPK, Yenti Garnasih. Foto Kumparan

JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) KPK akan mengumumkan kandidat yang lulus seleksi profile assessment hari ini, Jumat (23/8/2019). Dari 40 capim tersisa, Pansel menargetkan ada 20 di antaranya masuk ke tahap selanjutnya.
 
"Insyaallah tanggal 23 Agustus sore, di Setneg (sekretariat negara) gedung satu," kata Ketua pansel KPK Yenti Garnasih saat dihubungi, Kamis (22/8/2019) malam.
 
Yenti menyebut, hingga Kamis (22/8/2019) malam, tim pansel yang berjumlah sembilan orang masih terus melakukan penilaian terhadap 40 kandidat.
 
"Sampai malam ini (Kamis) kami lembur mencermati hasil 8 tracker, masukan masyarakat, dan profile assesment," kata dia dilansir Kumparan.
 
Masukan delapan lembaga tracker yang dimaksud Yenti adalah lembaga yang diajak bekerjasama untuk menelusuri rekam jejak para Capim. Hasilnya menjadi salah satu pertimbangan pansel dalam memilih capim yang berhak lolos ke tahap selanjutnya.
 
Adapun delapan tracker tersebut adalah KPK, Kejaksaan, Kepolisian, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Ditjen Pajak.
 
Nantinya 20 nama yang ditargetkan lolos akan mengikuti tahap selanjutnya yakni tes kesehatan, wawancara, dan uji publik.
 
Di akhir seleksi, Pansel akan memilih 10 nama terbaik dan diserahkan ke Presiden untuk kemudian Presiden menyerahkannya ke DPR untuk diuji kelayakannya. Hasilnya akan ada 5 terbaik yang terpilih menjadi pimpinan KPK 2019-2023. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com