7 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung Tinggi

7 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung Tinggi
Ilustrasi oatmeal. Foto dok.shutterstock
Asam lambung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap terjadi pada orang dewasa. Penyakit yang menimpa organ lambung ini disebabkan oleh beberapa faktor; seperti pola makan yang buruk, stres, dan konsumsi makanan tertentu.
 
Ketika asam lambung meningkat, akan muncul rasa nyeri di bagian ulu hati dan sensasi panas di dada hingga kerongkongan. Bagian pangkal tenggorokan juga biasanya akan terasa pahit dan asam, bahkan dalam kasus yang parah, sulit untuk menelan makanan.
 
Untuk mengatasinya, kita bisa lho, mengonsumsi makanan tertentu. Jenis makanan yang punya komponen anti-inflamasi, misalnya, dapat membantu menurunkan kadar asam lambung.
 
Berikut rangkuman tujuh makanan yang ampuh dalam menurunkan asam lambung tinggi dilansir dari Kumparan, di antaranya:
 
1. Pisang
 
Memiliki kadar asam rendah, pisang akan melapisi kerongkongan yang teriritasi karena asam lambung. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi dapat memperkuat dan melancarkan sistem pencernaan.
 
Salah satu serat larutnya - pektin - bahkan dapat mendorong makanan melewati saluran pencernaan. Hal ini dapat mencegah meningkatnya asam lambung, mengingat menumpuknya makanan di usus dapat menambah kadar asam lambung.
 
2. Melon
 
Sama seperti pisang, melon kaya akan alkalin. Buah yang satu ini merupakan sumber magnesium, yang kerap ditemukan di berbagai obat untuk asam lambung. Lebih lanjut, melon memiliki pH 6,1 - kadar asam rendah - sehingga aman untuk dikonsumsi penderita maag.
 
3. Jus lidah buaya
 
Lidah buaya tak hanya bermanfaat untuk kecantikan, namun juga menenangkan gangguan pencernaan. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Enviromental Science and Health, mengonsumsi jus lidah buaya dapat membantu mencegah lonjakan asam lambung, karena komponen anti-inflamasinya.
 
4. Oatmeal
 
Terbuat dari gandum utuh, oatmeal mengandung kadar serat yang tinggi. Bukan cuma menyehatkan pencernaan, olahan gandum mampu menyerap asam dalam perut dan meredakan gejala asam lambung. Beberapa pilihan kaya serat lainnya adalah roti gandum utuh dan nasi gandum.
 
5. Sayuran hijau
 
Sayuran hijau seperti brokoli dan seledri mengandung alkalin tinggi, sehingga baik bagi perut dan sistem pencernaan. Selain itu, kadar asamnya pun rendah, sehingga bisa menenangkan lapisan esofagus yang teriritasi.
 
Lebih lanjut, karena mengandung kadar lemak dan gula alami yang rendah, sayuran hijau dapat mengurangi kadar asam lambung.
 
6. Jahe
 
Jahe kerap digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gangguan pencernaan. Rempah ini mengandung komponen anti-inflamasi alami guna melawan gejala asam lambung. Supaya perut tenang, kamu bisa memadukan parutan jahe bersama smoothies atau teh.
 
7. Yoghurt
 
Kaya akan probiotik, yoghurt tak cuma efektif meningkatkan kekebalan tubuh, tapi juga meredakan rasa tak nyaman pada perut.
 
Sebagai sumber protein, olahan susu tersebut akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap makanan, sehingga tumpukan makanan berkurang dan mencegah naiknya asam lambung. (red)

Berita Lainnya

Index