Ayo Waspadai Virus Corona. Terapkan Perilaku Hidup Bersih

Dibaca: 579 kali  Selasa,07 April 2020 | 01:26:00 WIB

Ayo Waspadai Virus Corona. Terapkan Perilaku Hidup Bersih
Ket Foto :

Virus Corona atau yang biasa disebut Covid-19 sudah menyerang hampir 1 juta orang di berbagai negara dan menelan ribuan korban jiwa. Saat ini negara yang menduduki peringkat pertama kasus covid-19 terbanyak adalah Amerika Serikat, disusul oleh Italia, Spanyol, China. Di Indonesia sendiri, masyarakat yang positif  Covid-19 sudah mencapai 2.092 kasus dengan angka kematian 191, dan 150 dinyatakan sembuh per 04 April 2020.
 
Virus ini berasal dari hewan, seperti Kelelawar dan Unta yang di konsumsi oleh sebagian orang dan virus ini menyebar dari hewan ke manusia, dari manusia ke manusia lain melalui sentuhan atau besar kemungkinan dari percikan lendir pada saat bersin atau batuk. 
Gejala virus Corona baru bisa dirasakan pada waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus ini. ketika manusia terinfeksi Covid-19, mereka akan mengalami gejala seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, bahkan sulit bernapas. Jika kamu mengalami gejala seperti ini, segera pergi ke Rumah Sakit untuk mendapatkan tindakan medis.
 
Bagaimana Cara Memutus Rantai Penyebaran COVID-19 ini?
 
Pemerintah sudah mengambil tindakan seperti menerapkan kegiatan belajar dari rumah, ibadah di rumah serta melakukan pekerjaan di rumah bagi pegawai-pegawai negeri ataupun swasta. Kita sebagai masyarakat dapat menerapkan Sosial Discanting untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Berikut ini merupakan cara yang dapat kita lakukan dirumah agar dapat terhindar dari Covid-19 :
 
1. Cuci Tangan
 
Grafis cara mencuci tangan untuk mencegah virus corona COVID-19. (Bola.com/Adreanus Titus)
 
mencuci tangan dapat mencegah penyebaran virus corona. mengapa? karena pada saat kita berada di luar ruangan, mungkin kita tidak sengaja memegang benda-benda yang mungkin sudah dipegang oleh banyak orang. Virus corona dapat bertahan pada permukaan benda selama beberapa jam bahkan berhari-hari. oleh karena itu, setelah berpergian dari luar, cucilah tangan menggunakan sabun selama 20 detik. anda juga dapat membawa hand sinitizer dengan kandungan Alkohol minimal 60% ketika sedang berpergian. 
Cucilah tangan sesering mungkin, ketika sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet,setelah batuk ataupun bersin, dan aktifitas lainnya.
 
2. MenjagaSistem Kekebalan Tubuh
Disaat Covid-19 menyebar dengan cepat, kita harus memperkuat imun tubuh. Apabila sitem imun menurun, maka virus akan mudah menyerang tubuh. cara menjaga agar sistem imun kuat yaitu menjaga pola makan, perbanyak makan sayuran dan buah-buahan, rajin beolahraga, tidak merokok, perbanyak minum air hangat, serta istirahat yang cukup.
 
3. Gunakan Masker Saat berpergian atau Sakit
 
Usahakan untuk selalu menggunakan masker ketika berpergian karena kita tidak tahu apa yang terjadi di luar, dan pastikan menggunakan masker pada saat sakit, karena tidak ada yang tahu tubuh kecuali diri kita sendiri. jangan lupa untuk mencopot tali masker atau merobeknya dan pastikan masker tidak dapat digunakan lagi
 
4. Menerapkan Etika Batuk dan Bersin
Ketika kamu batuk ataupun bersin, usahakan untuk menutup mulutmu dengan tissue, jika tidak membawa tissue, gunakan tangan dan pastikan bahwa anda tidak memegang apapun setelahnya dan langsung mencuci tangan
 
5. Hindari untuk Menyentuh Area Mata, Hidung dan Mulut
 
Tangan pastinya banyak memegang benda-benda yang terkontaminasi virus. Jika tangan menyentuh mata, hidung ataupun mulut, maka virus dengan mudah masuk kedalam tubuh.
 
6. Menjaga Jarak
 
Menjaga jarak atau disebut Physical Distancing sangat perlu diterapkan dalam memutus rantai Covid-19 ini, minimal kamu harus menjaga jarak 1 meter dengan siapa saja dan dimana saja karena kamu tidak tahu apakah orang yang berada disekitarmu terpapar virus Corona atau tidak
 
7. Usahakan untuk tidak berjabat tangan atau berpelukan
 
Meski sulit, tetapi cara ini dapat mencegah penyebaran virus corona. kamu harus ingat bahwa tubuh dapat menjadi media untuk penyebaran Covid-19 ini
 
8. Selalu Bersihkan Perabotan Rumah
 
Benda-benda yang selalu dipegang seperti ganggang pintu, meja, toilet, tempat mencuci piring dan lain sebagainya mengandung banyak virus. oleh karena itu, selalu bersihkan perabotan rumah mu dengan semprotan pembersih dan gunakan sarung tangan.
 
Cara diatas dapat kamu terapkan agar dapat mencegah penyebaran Covid-19. Jangan lupa untuk ikuti peraturan dari pemerintah yaa. Usahakan untuk tidak keluar rumah kecuali jika mempunyai kepentingan mendesak. Oh ya, selalu menjaga kebersihan dan menjaga pola hidup sehat. Mari kita bersatu lindungi orang-orang yang kita sayangi dengan mengikuti aturan dan menerapkan social distancing. Semuanya dimulai dari diri kita sendiri. ingat! selalu waspada, dan jangan panik!
 
(Rilis dikirim oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau)
 
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com