Terawan Klaim Vaksin Nusantara yang akan Akhiri Pandemi COVID-19

Terawan Klaim Vaksin Nusantara yang akan Akhiri Pandemi COVID-19
Letnan Jenderal TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto Sp. Rad
JAKARTA - Mantan Menteri Kesehatan Indonesia, Letnan Jenderal TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto Sp. Rad mengklaim jika vaksin yang sedang dikembangkannya, yaitu Vaksin Nusantara, sedang ramai diperbincangkan masyarakat dunia.
 
Terawan menyebut terakhir Vaksin Nusantara dibahas di New York. Sudah terbit juga jurnal vaksin PubMed yang mengatakan dendritik sel vaccine immunotherapy atau vaksin nusantara mampu menghentikan pandemi COVID-19.
 
"Sekarang di seluruh dunia sedang membicarakannya. The begining the end cancer and COVID-19, Artinya apa? dunia sepakat punya hipotesis bahwa yang akan menyelesaikan hal ini, COVID-19 adalah dendritik sel vaccine immunotherapy atau vaksin nusantara," ujar Terawan dalam webinar yang disiarkan di kanal Youtube RSPAD Gatot Soebroto, dikutip Selasa (20/7/2021).
 
Keunggulan dari Vaksin Nusantara menurut Terawan adalah mudah mengubah antigen sehingga bisa menangani mutasi COVID-19 seperti apa pun.
 
"Artinya apa? artinya kita bisa menyesuaikan kapan saja mau mutasi kaya apa bisa kita sesuaikan. Dampaknya apa? ketahanan, kesehatan nasional menghadapi pandemi ini bisa kita atasi dengan membuat imunitas yang baik untuk setiap warga negara," kata dia.
 
Terawan juga menambahkan bahwa Vaksin Nusantara bisa diproduksi massal tanpa butuh banyak alat.
 
"Urusan massal itu simpel sekali. itu urusan inovasi yang gampang sekali kita buat. sangat simpel buatnya. penyimpanannya juga tidak membutuhkan inkubator khusus. Secara teknis sangat simpel buatnya. Yang penting sekarang ini adalah kita mempublish, mempublikasikan sebagai evidence, itu kuncinya," kata dia.
 
Jika nanti Vaksin Nusantara sudah benar-benar jadi, Terawan mengklaim Indonesia bisa jadi negara pertama yang mengakhiri pandemi ini.
 
"Teknologinya kita tinggal kembangkan dan kita akan menjadi negara pertama yang mengembangkan dendritik sel vaccine immunotherapy yang dunia juga sudah menyetujui menghipotesiskan untuk menjadi the beginning of the end, mulai mengakhiri CIVID-19," kata dia.
 
Terawan menegaskan Vaksin Nusantara aman digunakan oleh manusia karena telah melalui proses yang panjang dan hati-hati. (red)

Berita Lainnya

Index