Afghanistan Punya Harta Karun Jumbo yang Bikin Kepincut hingga Jadi Rebutan

Afghanistan Punya Harta Karun Jumbo yang Bikin Kepincut hingga Jadi Rebutan
Ilustrasi Afghanistan kini jatuh ke tangan Taliban, Foto AP Photo
JAKARTA - Wow! Afghanistan memiliki harta karun berupa cadangan mineral yang nilainya selangit. Cadangan mineral ini belum dimanfaatkan dengan baik.
 
Dilansir dari detik.com yang mengutip CNN, Jumat (20/8/2021), pada 2010 ahli geologi Amerika Serikat (AS) menyebut nilai kandungan mineral ini mencapai US$ 1 triliun atau Rp 14.400 triliun (kurs Rp 14.400).
 
Apa saja ya isi kandungan mineral yang merupakan harta karun Afghanistan? Ilmuwan dan pakar keamanan Ecological Futures Group, Rod Schoonover mengungkapkan jika ada besi, tembaga, sampai emas di semua wilayah Afghanistan. Lalu ada juga cadangan litium terbesar di dunia.
 
Litium adalah komponen penting untuk produksi baterai isi ulang atau teknologi lain untuk menjawab masalah krisis iklim. Cadangan mineral ini merupakan angin segar untuk produsen logam seperti litium dan kobalt, elemen neodymium, dan diimbangi dengan pengembangan mobil listrik dan sumber energi untuk meminimalisir emisi karbon.
 
Rod menyebutkan, konflik di Afghanistan membuat proses eksplorasi menjadi sulit dan potensinya tidak tergali dengan baik. Banyak negara yang ingin terlibat dalam proses ekstraksi cadangan mineral ini seperti China, Pakistan, dan India.
 
Sementara itu mengutip media Afghanistan, Khamaa, Kementerian Pertambangan dan Perminyakan Afghanistan juga memperkirakan tambang dan sumber daya alam Afganistan senilai US$ 3 triliun. Pihaknya telah menemukan 1.400 titik yang memiliki berbagai jenis sumber daya alam seperti gas alam, batu bara, garam, uranium, tembaga, emas, dan perak.
 
Gas alam sebagian besar ditemukan di provinsi utara Balkh, Shebirghan, dan Saripol yang diperkirakan mencapai 100 hingga 500 miliar meter kubik. Dalam penyelidikan terbaru yang dilakukan oleh NASA, ada lebih dari seratus zona minyak dan gas di Afghanistan.
 
Beberapa provinsi lain yang berada di bawah kendali Taliban juga memiliki sumber daya alam sangat banyak. Di provinsi Baghlan misalnya, terdapat tambang batubara, emas, timah dan granit.
 
Kemudian di provinsi Helmand. Berdasarkan survei geologi yang dilakukan oleh pejabat setempat, provinsi Helmand memiliki banyak tambang dan sumber daya alam seperti, muskovit di Balishang, batu hias di Malek Dokan dan Arbo, air raksa di Baghlan, kelereng, air mineral di Kajaki, dan pegmatit di Sangwal yang saat ini berada di bawah kendali Taliban.
 
Di provinsi Herat terdapat daya alam berupa tambang besi di Tagab, gunung Pod, dan Palangsor, tambang tembaga di Shaida, Simkoh, tinny di Fostak, emas di Enjeel, dan tambang bismut. (red)

Berita Lainnya

Index