97 Persen Serapan Tenaga Kerja Disumbangkan dari UMKM

97 Persen Serapan Tenaga Kerja Disumbangkan dari UMKM
Kuliah Umum di Universitas Islam Riau
PEKANBARU - Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko) RI, DR Iskandar Simorangkir ‎mengungkapkan, di Indonesia, 61 persen Produk Domestik Bruto (PDB) diisumbangkan dari sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
 
"Begitu juga dengan penyerapan tenaga kerja. Sebesar 97 persen penyerapan tenaga kerja kita juga disumbangkan dari UMKM,‎" kata Iskandar‎ saat memberikan sambutan pada acara kuliah umum dan kajian buku pembiayaan UMKM di Kampus UIR, Jalan Kaharuddin Nasution, Marpoyan Damai Pekanbaru, Rabu (25/5/2022).
 
Lebih lanjut Iskandar menjelaskan, meski memiliki kontribusi besar menyumbangkan PDB dan serapan tenaga kerja, ‎namun menurut Iskandar, jika dilihat kontribusinya terhadap ekspor, produk UMKM di Indonesia memang masih kecil.‎ Hanya sekitar 16 persen.
 
"Ini jauh lebih dibandingkan negara maju dan berkembang lainnya. Jerman misalnya, kontribusinya terhadap ekspor sebesar 56 persen, Jepang 54 persen, India 40 persen," ungkapnya.
 
Melihat kondisi ini, pihaknya mendorong pelaku UMKM di Indonesia, termasuk di Riau agar bisa memasarkan produk go international. Sebab beberapa negara maju dan berkembang yang kontribusi UMKMnya terhadap ekspor tinggi disebabkan karena mereka pada umumnya. UMKM nya bermain di tingkat global.
 
"Oleh karena itu, kita harus bisa mengembangkan UMKM kita dengan produktifitas yang tinggi ‎dan harus bisa bermain ditingkat global," kata Iskandar. (mcr)

Berita Lainnya

Index