Ronaldinho Tak Tutup Kemungkinan Melatih di Indonesia

Ronaldinho Tak Tutup Kemungkinan Melatih di Indonesia
Mantan pesepak bola dunia asal Brasil Ronaldinho (tengah) dihadang pesepak bola Persik Kediri Rohit Chand (kedua kanan) saat pertandingan Trofeo Ronaldinho di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (26/6/2022). Foto: Rizal Hanafi/Ds/Antara Foto

JAKARTA - Ronaldinho buka peluang melatih di Indonesia. Legenda Timnas Brasil tersebut tak menyangkal jika suatu saat dirinya bisa saja menakhodai klub Liga Indonesia.

Ronaldinho baru saja merasakan atmosfer sepak bola Indonesia. Ia berlaga bersama Rans Nusantara FC dalam trofeo yang diikuti Arema FC dan Persik Kediri di Stadion Kanjuruhan, Kab. Malang, pada Ahad (26/6/2022) kemarin.

Ronaldinho merumput saat Rans bersua Persik. Selama 30 menit bermain, ia jarang mendapat kesempatan mengolah si kulit bundar. Kendati demikian, Ronaldinho mampu memberikan dua umpan terobosan manja kepada Jujun Junaedi pada menit ke-12 dan 29.

Bagi Ronaldinho, pengalamannya bermain di Indonesia begitu luar biasa. Lebih lanjut, pria berusia 42 tahun ini tak menutup kemungkinan akan melatih di Indonesia pada masa yang akan datang.

"Pengalaman yang luar biasa hari ini. Atmosfer juga luar biasa. Saya akhirnya berkesempatan mengenal pemain yang di dalam sini [mengikuti trofeo] karena mereka memperlakukan saya dengan baik dengan banyak respek," ujar eks Barcelona dan AC Milan selepas pertandingan, dikutip dari YouTube Rans Entertainment.

"Mungkin, di masa depan, saya belum tahu," ungkap Ronaldinho dengan tawa saat ditanya apakah akan melatih tim di Indonesia.

Ronaldinho adalah sosok yang memiliki nama besar di kancah sepak bola. Beragam prestasi mentereng, baik individu maupun bersama tim berhasil direngkuhnya, termasuk Piala Dunia 2002.

Ronaldinho memutuskan gantung sepatu pada 2018 atau sekitar tiga tahun setelah berstatus tanpa klub. Fluminense menjadi pelabuhan terakhir Ronaldinho dengan hanya tampil dalam tujuh pertandingan.

"Setelah hampir tiga dekade didedikasikan untuk sepak bola, saya mengucapkan selamat tinggal pada impian terbesar saya. Sebuah mimpi yang terpenuhi," ucap Ronaldinho pada 2018, dikutip dari USA Today.

"Saya melakukan apa yang paling saya sukai sebagai seorang profesional selama 20 tahun dan 10 tahun lagi di akademi. Saya menjalani mimpi ini dengan hebat," tambahnya.

Selepas pensiun, Ronaldinho tercatat belum sekalipun merasakan atmosfer sebagai pelatih. Nahas, diwartakan The Guardian, pada 2020 Ronaldinho justru pernah masuk penjara di Paraguay bersama saudaranya, Roberto de Assis Moreira, karena kedapatan menggunakan paspor palsu. (red)

Berita Lainnya

Index