Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 : Skor 1-1, Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Semifinal

Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 : Skor 1-1, Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Semifinal
Timnas Vietnam

JAKARTA – Laga antara Tim Nasional (Timnas) Vietnam U-19 vs Thailand U-19 di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 berakhir dengan skor sama kuat 1-1, pada Minggu (11/7/2022) malam WIB. Dengan hasil itu, maka kedua tim pun berhak lolos ke putaran semifinal Piala AFF U-19 2022.

Bermain di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Tim Gajah Perang Muda - julukan Thailand U-19 - berhasil mencetak gol lebih dulu melalui Kroekphon Arbram (72'). Sementara itu, The Golden Star Muda-julukan Vietnam U-19- membalasnya melalui gol dari Khuat Van Khang (75').

Babak Pertama

Terhitung sejak 10 menit awal babak pertama, belum ada peluang berbahaya yang tercipta. Baik Thailand U-19 maupun Vietnam U-19 masih berhati-hati dalam melancarkan serangan. Kedua tim memperagakan permainan dalam tempo yang sedang. Meskipun, mereka silih berganti memberikan tekanan.

Di kubu Thailand U-19, mereka terlihat enjoy dalam menguasai bola. Thanawut Phochai dan kolega lebih dominan dalam memainkan bola dari kaki ke kaki. Sayangnya, upaya serangan tim besutan Salvador Valero Garcia itu masih bisa dipatahkan oleh barisan pertahanan Vietnam U-19.

Sementara itu, Vietnam U-19 juga bukan tanpa perlawanan. Nguyen Van Truong dkk sesekali menyusun serangan dari bawah hingga melewati barisan pertahanan Thailand U-19. Namun, usaha mereka juga masih bisa diamankan oleh bek tim Gajah Perang Muda hingga menit ke-20.

Memasuki menit ke-25, Vietnam U-19 lebih dominan dalam melancarkan serangannya. Namun, upaya mereka lagi-lagi masih bisa dihalau oleh bek Thailand U-19. Termasuk, tendangan Nguyen Van Truong juga masih bisa diamankan oleh kiper Narongsak Naengwongsa.

Hingga menit ke-40, kedua tim masih memainkan tempo yang sedang. Baik untuk Thailand U-19 maupun Vietnam U-19, belum ada peluang emas yang dihasilkan. Permainan pun terlihat sedikit monoton.

Namun, tepat di menit ke-42, pemain Thailand U-19, Kroekphon Arbram hampir saja memberikan ancaman serius ke gawang Vietnam U-19. Namun, sontekannya masih bisa diamankan oleh kiper Vietnam U-19. Alhasil, skor 0-0 menutup babak pertama.

Babak Kedua

Mengawali babak kedua, Vietnam U-19 langsung bergegas melancarkan serangannya. Dengan mengalirkan bola dari kaki ke kaki, tim besutan Dinh The Nam itu rajin memberikan ancaman ke link pertahanan Thailand U-19, meski belum bisa memecahkan kebuntuannya.

Hingga menit ke-60, kedudukan masih kacamata 0-0 untuk kedua tim. Thailand U-19 dan Vietnam U-19 masih kesulitan untuk membuka keran golnya. Padahal, sejumlah peluang sudah didapatkan, namun tidak bisa dikonversikan menjadi gol.

Thailand U-19 akhirnya sukses mencetak gol pembuka pada laga ini. Adalah Kroekphon Arbram (72') yang membawa Thailand U-19 unggul 1-0 atas Vietnam U-19. Pertandingan pun berlanjut dengan sengit.

Berkat kerja kerasnya, Vietnam U-19 berhasil mencetak gol balasan melalui Khuat Van Khang (75'). Kedudukan pun berubah menjadi imbang 1-1 untuk kedua tim.

Hingga babak kedua berakhir, Vietnam U-19 dan Thailand U-19 bermain imbang 1-1. Dengan hasil ini, kedua tim lolos ke babak semifinal.

Susunan Pemain

VIETNAM U-19 XI: Coa Van Binh (GK); Ha Chau Phi, Trinh Hoang Canh, Vu Van Son, Nguyen Anh Tu, Nguyen Quoc Viet, Khuat Van Khang, Nguyen Bao Long, Nguyen Van Truong, Nguyen Dinh Bac, Nguyen Duc Viet.

Pelatih: Dinh The Nam

THAILAND U-19 XI: Narongsak Naengwongsa (GK), Thatwatchai Inprakhnon, Theekawin Chansri, Chanapach Buaphan, Sittha Boonlha, Thanawat Saipetch, Seksan Ratree, Bukkoree Lemdee, Thanawut Phochai, Kroekphon Arbram, Phon Ek Maneekom.

Pelatih: Salvador Valero Garcia

Berita Lainnya

Index