Merasa Dirugikan di Piala AFF U-19 2022, PSSI Berniat Ajukan Protes

Merasa Dirugikan di Piala AFF U-19 2022, PSSI Berniat Ajukan Protes
Sejumlah pemain Indonesia U-19 meluapkan kekecewaannya usai laga penyisihan grup Piala AFF U-19 melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Ahad, 10 Juli 2022. Meskipun menang dengan skor 5-1, Indonesia U-19 tetap tersingkir

JAKARTA - PSSI berniat mengajukan protes resmi ke Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) terkait pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022. PSSI akan mengajukan protes setelah menilai pertandingan antara Thailand dan Vietnam, yang berakhir imbang dengan skor 1-1, dianggap merugikan Indonesia.

"Kami akan membicarakannya terlebih dahulu di PSSI. Kami akan menyampaikan bahwa kami cukup dirugikan," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Ahad, 10 Juli 2022.

PSSI mempertanyakan pertandingan Thailand melawan Vietnam karena kedua tim dianggap tidak menyelesaikan pertandingan dengan sungguh-sungguh. Kedua tim dianggap berniat mencetak gol setelah skor imbang 1-1 dalam laga di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Hasil itu menguntungkan Vietnam dan Thailand yang memiliki jumlah poin sama dengan Indonesia. Dengan 11 poin, Vietnam dan Thailand berhak berada di peringkat teratas grup dan lolos ke babak semifinal setelah unggul head to head atas Indonesia.

Hasil imbang dengan gol antara Vietnam dan Thailand membuat peluang Indonesia ke babak empat besar tertutup meski skuad Garuda Muda berhasil menundukkan Myanmar dengan skor 5-1 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi. Kedua pertandingan berlangsung bersamaan.

"Kami akan mendiskusikannya secara internal besok. Kami akan memutar kembali video pertandingan dan menganalisisnya dengan beberapa pihak termasuk direktur teknik sebelum memastikan apakah kami akan mengajukan protes," ujar Iriawan.

"Kami tidak bisa menilai apakah ada 'permainan' atau tidak. Nanti yang bisa menilai adalah Komisi Disiplin AFF. Yang jelas kami kecewa. Mereka (Thailand dan Vietnam) adalah negara besar, masa permainannya begitu-begitu saja," tutur mantan Kapolda Metro Jaya tersebut menambahkan.

Tim nasional U-19 Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 5-1. Unggul produktivitas dan selisih gol tak membantu. Hasil ini mengulang hasil Piala AFF U-19 pada 2016 saat Indonesia gagal lolos dari fase grup.

Berikut Klasemen Akhir Grup A Piala AFF U-19 2022

Berita Lainnya

Index