Media Malaysia Sebut Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 Main Tidak Profesional

Media Malaysia Sebut Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 Main Tidak Profesional
Timnas Thailand U-19 melawan Timnas Vietnam U-19 yang berakhir 1-1

MEDIA Malaysia, Makan Bola, menilai Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 main tidak profesional saat bentrok di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, Minggu 10 Juli 2022 malam WIB. Makan Bola menyebut kedua tim tidak menunjukan azas fair play yang didengungkan Federasi Sepakbola Dunia, FIFA.

Ahad, 10 Juli 2022 pukul 20.00 WIB menjadi malam yang menegangkan bagi tiga tim kontestan Grup A Piala AFF U-19 2022, yakni Timnas Indonesia U-19, Vietnam dan Thailand. Ketiga tim ini berebut dua slot lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Hanya saja, kendali penuh ada di tangan Vietnam dan Thailand. Jika mereka bermain 1-1, 2-2 atau seterusnya, Vietnam dan Thailand bakal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Karena itu, sebelum laga Vietnam vs Thailand dimulai, ditakutkan ada main mata antara Vietnam dan Thailand. Benar saja, skor akhir laga Vietnam vs Thailand adalah 1-1.

Hal yang membuat kesal pencinta sepakbola Tanah Air adalah, Vietnam dan Thailand seperti tak berhasrat melakukan serangan ketika skor sama kuat 1-1 di menit 76. Alhasil, meski Timnas Indonesia U-19 menang 5-1 atas Myanmar dan memiliki poin yang sama dengan Vietnam dan Thailand, skuad Garuda Nusantara gagal melaju ke empat besar.

Penyebabnya karena Timnas Indonesia U-19 kalah head-to-head dari Thailand dan Vietnam. Karena itu, PSSI mengajukan protes resmi ke AFF pada hari ini, Selasa (12/7/2022).

PSSI menuntut AFF untuk menginvestigasi jalannya laga Vietnam vs Thailand. Poin yang digarisbawahi PSSI adalah, Thailand dan Vietnam tidak menunjukan semangat fair play, tepatnya terhitung sejak menit 76.

“Meresa ditipu, Ketum PSSI kirim protes resmi ke AFF,” tulis Makan Bola dalam judul artikel yang mereka buat.

“PSSI akan mengirimkan surat protes resmi ke AFF terkait laga Timnas Thailand U-19 melawan Timnas Vietnam U-19 yang berakhir 1-1. Di laga tersebut, tidak ada tindakan profesional dan tak ada sportivitas yang ditampilkan kedua tim,” lanjut pernyataan tersebut.

Setelah adanya desakan dari PSSI, media-media Tanah Air dan juga Malaysia, akankah AFF bakal mengeluarkan keputusan tegas dengan mencoret Vietnam dan Thailand jika terbukti bersalah? Menarik untuk dinantikan. (*)

Berita Lainnya

Index