Tol Padang - Pekanbaru Akan Pangkas Waktu Tempuh 6 Jam

Tol Padang - Pekanbaru Akan Pangkas Waktu Tempuh 6 Jam
Pengerjaan jalan tol Padang - Pekanbaru

PEKANBARU - Kehadiran Jalan Tol Padang - Pekanbaru dapat memangkas waktu tempuh dua wilayah tersebut hingga 6 jam.

Jika melewati jalan arteri ke dua daerah tersebut, maka jarak tempuh yang dibutuhkan sebanyak 9 jam.

Namun, apabila menggunakan jalan tol, waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 3 jam dengan kecepatan rata-rata 80 kilometer per jam.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro menjelaskan, tak hanya memangkas waktu perjalanan, jalan tol ini akan membuka konektivitas antar-wilayah dalam rangka memperlancar distribusi logistik.

Selain itu juga, tol ini akan menghubungkan dua pelabuhan laut yang berada di Padang dan Dumai di Riau, serta akan mengefisiensikan mobilitas orang dan barang.

Saat ini, pembangunan Tol Padang - Pekanbaru tengah diprioritaskan untuk tiga seksi yakni Seksi 6 Pekanbaru - Bangkinang yang sudah mencapai 83 persen, khusus Km 9 hingga Km 40 sudah selesai 100 persen dan telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF).

Kemudian, Seksi 5 Bangkinang - Pangkalan dengan progres 60 persen, dan Seksi 1 Padang - Sicincin mencapai 45 persen.

Sedangkan, sisa ruas tol lainnya yakni Seksi 4 Pangkalan - Payakumbuh (58 kilometer), Seksi 3 Payakumbuh - Bukittinggi (34 kilometer), dan Seksi 2 Bukittinggi - Sicincin (38 kilometer) masih dalam tahap perencanaan.

Tol Padang - Pekanbaru sepanjang 254,8 kilometer dibangun secara bertahap dengan tujuan untuk melancarkan konektivitas antar dua provinsi yakni Riau dan Sumatera Barat.

Pembangunan jalan tol ini ditugaskan kepada Hutama Karya selaku pengembang berkolaborasi bersama PT HK Infrastruktur (HKI) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor utama di seksi prioritas yang masuk dalam tahap I pembangunan.

HKI bertanggung jawab untuk konstruksi di Seksi Pekanbaru - Bangkinang (40 kilometer) dan Seksi Sicincin - Padang (36 kilometer).

Sementara Wika bertanggung jawab di Seksi Bangkinang - Pangkalan membentang 25 kilometer.

Adapun estimasi nilai investasi di proyek Tol Pekanbaru - Padang ini sebesar Rp 80,41 triliun dari Penyertaan Modal Negara (PMN), ekuitas lainnya, dan pinjaman. (*)

Berita Lainnya

Index