Yuk Ikutan Lomba Inovasi Musik Nusantara

Yuk Ikutan Lomba Inovasi Musik Nusantara
Ilustrasi

PEKANBARU - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menyelenggarakan Lomba Inovasi Musik Nusantara (Linmtara) pada September mendatang.

Peserta mulai bisa mendaftar untuk lomba ini sejak 1 Juli hingga 4 September 2022 melalui laman https://linmtara.com/.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek menggandeng Yayasan Atma Nusantara Jati (Atsanti).

Ajang yang terbuka untuk umum itu, dapat diikuti oleh grup musik dengan minimal jumlah anggota sebanyak empat orang dan maksimal delapan orang.

Para peserta juga dibebaskan untuk berkolaborasi dengan warga negara asing (WNA) maksimal satu orang.

“Linmtara harus menjadi sarana yang berkontribusi konkrit dalam penguatan karakter, ketahanan, diplomasi, hingga peningkatan kesejahteraan para pelaku,” kata Direktur Perfilman, Musik dan Media, Ahmad Mahendra, dalam keterangan pers, Kamis (21/7/2022).

Mahendra menambahkan, Linmtara bisa diikuti merata oleh anak-anak muda dari seluruh provinsi, dan berharap lomba ini nantinya dapat semakin memperkuat ekosistem musik tradisi.

“Dengan demikian capaian Linmtara ini tidak berhenti pada inovasi saja. Namun, juga harus mampu membuka peluang industri yang baik untuk memperkuat ekosistem musik tradisional kita. Terlebih pengayaan literasi, perluasan apresiasi, dan publikasi karya menjadi pilar penyelenggaraan Linmtara,” sambung Mahendra.

Linmtara merupakan sebuah kompetisi musik nusantara. Secara khusus ditujukan untuk mendorong generasi muda Indonesia agar semakin mencintai kekayaan budaya musik tradisi Indonesia.

Musik yang disajikan memiliki konsep ekspresi yang kreatif, inovatif, dan kekinian tanpa meninggalkan jati diri budaya bangsa.

"Orientasinya adalah merepresentasikan spirit pelestarian yang dinamis dalam menjawab tuntutan dan tantangan global dengan tetap membawa identitas keberagaman musik tradisi yang khas," ucapnya.

Lebih lanjut, Ketua Panitia Linmtara, Setyawan Jayantoro menyampaikan bahwa ada 242 kelompok, berasal dari 29 provinsi dan 120 kota/kabupaten yang terdaftar dalam program Linmtara pada tahun 2021.

“Raihan ini tentu menjadi catatan krusial yang memperlihatkan antusiasme masyarakat, khususnya semangat generasi muda dalam berperan serta mengembangkan inovasi musik tradisi nusantara melalui berbagai wujud kreativitas yang sangat menjanjikan,” jelas pria yang akrab di sapa SJ ini.

Mengacu kepada pelaksanaan Linmtara tahun 2021, SJ optimistis, perjalanan Linmtara berpotensi kuat akan menjadi tren di kalangan generasi muda musik nusantara dalam mengapresiasi kekayaan musik tradisi Indonesia melalui sebuah ajang kompetisi yang mendidik.

Lomba Inovasi Musik Nusantara tidak hanya berkutat mengenai perebutan gelar kejuaraan dan hadiahnya.

Namun, juga ada rangkaian integral dengan berbagai proses edukasi yang intensif, mulai dari sarasehan, diskusi bersama artis/seniman melalui podcast tematik.

Kemudian, mentoring 25 besar, masterclass, hingga publikasi 10 karya terbaik dalam panggung.

Final akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 September secara live streaming YouTube, dan pengumuman pemenang pada tanggal 1 Oktober. Penutupan Program Linmtara 2022 rencananya akan dilaksanakan di Candi Borobudur pada tanggal 10 Oktober mendatang. (mcr)

Berita Lainnya

Index