Hasil Piala Dunia 2022: Dramatis, Maroko Gilas Belgia Dua Gol Tanpa Balas

Hasil Piala Dunia 2022: Dramatis, Maroko Gilas Belgia Dua Gol Tanpa Balas
Pertandingan Timnas Belgia melawan Timnas Maroko (REUTERS)

AL THUMAMA – Timnas Maroko berhasil meraih kemenangan dramatis 2-0 atas Timnas Belgia pada pertandingan kedua Grup F Piala Dunia 2022 yang dilangsungkan di Stadion Al Thumama, Al Thumama, Qatar pada Minggu (27/11/2022).

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Begitu pertandingan dimulai, Skuad Maroko langsung memberikan pressing kepada para pemain Belgia. Berhasil merebut bola, Hakim Ziyech mengirimkan umpan silang tinggi ke area penalti Belgia di menit ke-5. Sial baginya, pertahanan lawan memotong umpan silangnya dengan nyaman.

Setelah itu, giliran Belgia yang melakukan serangan balik cepat. Michy Batshuayi memiliki ruang dan waktu di dalam kotak penalti setelah menerima umpan yang rapi. Akan tetapi, tembakannya ke sudut kiri bawah diselamatkan dengan gemilang oleh Munir Mohamedi.

Tepat di menit 17, Belgia mendapatkan kesempatan melalui sepakan bola mati. Kevin De Bruyne memutuskan untuk menendang bola ke arah gawang, namun usahanya gagal mengancam gawang Singa Atlas setelah diblok dengan baik oleh salah satu pemain bertahan. Setan Merah mendapat sepak pojok.

Kedua tim masih belum memiliki peluang emas hingga menit ke-20. Baik Setan Merah maupun Singa Atlas kesulitan membongkar pertahanan lawan masing-masing. Namun di menit 21, Maroko sempat mengancam lewat tembakan jarak jauh Hakim Ziyech. Sial baginya, tembakannya hanya beberapa inci di atas mistar.

Dari segi penguasaan bola, Belgia memang lebih mendominasi. Namun, Eden Hazard dan kawan-kawan masih buntu dalam membangun serangan hingga menit ke-35. Lalu, Kevin De Bruyne melakukan tendangan bebas di menit 40. Sialnya, bola hanya melewati mistar gawang.

Setelah itu, kedua tim terus mencari cara untuk memecahkan kebuntuan. Tepatnya di menit 45+1, Thorgan Hazard (Belgia) berhasil merebut bola dari lawannya, tetapi dia melakukan pelanggaran dalam prosesnya dan wasit meniup peluit.

Maroko pun memiliki peluang melalui tendangan bebas. Alhasil, Hakim Ziyech yang menjadi penendang sukses memasukkan bola melewati penjaga gawang Thibaut Courtois. Sialnya, wasit Cesar Arturo Ramos meninjau gol Maroko menggunakan VAR.

Alhasil, gol dari Maroko tidak akan dihitung karena telah dianulir karena offside atas saran dari asisten video wasit. Skor pun masih kacamata untuk kedua tim yang bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Sejak babak kedua dimulai, Maroko berusaha untuk memberikan ancaman ke gawang Belgia. Di menit 50, Hakim Ziyech berdiri bebas di tepi kotak penalti dan melepaskan tembakan yang mengarah ke tengah gawang. Akan tetapi Thibaut Courtois melakukan penyelamatan yang apik.

Sementara itu, Eden Hazard (Belgia) di menit 52 berlari zig-zag ke dalam kotak penalti. Namun, ia gagal mengarahkan tembakan ke tiang kanan saat penjaga gawang Maroko melakukan penyelamatan ajaib.

Memasuki menit ke-60, Roberto Martinez telah memutuskan untuk memasukkan dua pemain baru untuk menambah daya gedor Belgia. Youri Tielemans dimasukkan menggantikan Amadou Onana. Kemudian Dries Mertens menggantikan Eden Hazard.

Kevin De Bruyne (Belgia) melakukan solo run pada menit 65 meski gagal menciptakan peluang karena pemain lawan menghalanginya. Lalu, Dries Mertens menemukan dirinya berada di luar angkasa di tepi kotak penalti dan melepaskan tembakan keras ke sisi kiri gawang Maroko. Sayangnya, Munir menggagalkan peluang itu dengan penyelamatan dua tangan yang hebat.

Maroko menggantikan beberapa pemainnya untuk menambah daya dobrak lini depan dengan memasukkan Abdelhamid Sabiri dan lainnya. Perubahan starategi asuhan Walid Regragui itu membuahkan hasil manis. Tepat di menit 73, Abdelhamid Sabiri mencetak gol indah dari tendangan bebas yang dihasilkan. Skor pun berubah jadi 1-0 untuk Maroko.

Setelah kebobolan, Roberto Martinez menyiapkan pergantian pemain di Skud Belgia. Thomas Meunier digantikan oleh Romelu Lukaku yang diharapkan dapat memberikan warna baru di lini serang Setan Merah. Akan tetapi, kehadiran Lukaku tak mampu membuat Belgia menyamakan kedudukan.

Justru, Belgia harus kembali kebobolan di menit 90+3 lewat gol Zakaria Aboukhlal (Maroko) usai menerima umpan Hakim Ziyech. Alhasil, skor akhir 2-0 pun dimenangkan oleh Maroko.

Susunan Pemain Belgia vs Maroko:

BELGIA XI (3-5-2): Thibaut Courtois (GK), Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Thomas Meunier, Thorgan Hazard, Axel Witsel, Amadou Onana, Timothy Castagne, Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Michy Batshuayi.

Cadangan: Simon Mignolet, Koen Casteels, Arthur Theate, Wout Faes, Youri Tielemans, Romelu Lukaku, Yannick Carrasco, Dries Mertens, Leandro Trossard, Leander Dendoncker, Hans Vanaken, Charles De Ketelaere, Loïs Openda, Jeremy Doku, Zeno Debast.

Pelatih: Roberto Martinez

MAROKO XI (4-3-3): Munir Mohamedi (GK); Achraf Hakimi, Noussair Mazraoui, Aguerd Nayef, Romain Saiss (C), Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat, Selim Amallah, Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Sofiane Boufal.

Cadangan: Yassine Bounou, Ahmed Tagnaouti, Abderrazak Hamdallah, Anass Zaroury, Abdelhamid Sabiri, Ilias Chair, Zakaria Aboukhlal, Abdessamad Ezzalzouli, Jawad El Yamiq, Achraf Dari, Walid Cheddira, Bilal El Khannouss, Badr Benoun, Yahya Attiat-Allah, Yahya Jabrane.

Pelatih: Walid Regragui

Berita Lainnya

Index